Pesan Wirausaha Dahlan Iskan di ACEC Unair: 'Bisnis Bukan Sekadar Produk, Tapi Uang'

Pesan Wirausaha Dahlan Iskan di ACEC Unair: 'Bisnis Bukan Sekadar Produk, Tapi Uang'

Antusiasme Dahlan Iskan saat memberi materi di Grand Launching Wirausaha Merdeka ACEC 2024, 23 September 2024-Sahirol Layeli-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY Grand Launching Wirausaha Merdeka di Airlangga Collaborative Enterpreneur Camp (ACEC) Universitas Airlangga (Unair) menghadirkan narasumber Dahlan Iskan dan Vania Santoso. Acara itu dihelat di Aula Fadjar Notonegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Senin, 23 September 2024. 

Keduanya adalah tokoh bisnis yang kompten. Dahlan Iskan adalah mantan Menteri BUMN dan founder Harian Disway. Sedangkan Vania Santoso co-founder HeyStartic & Forbes 30 under 30 2021.

Di tengah ratusan mahasiswa dan dosen yang hadir dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, sesi interaktif bersama Abah Dahlan (sapaan akrab Dahlan Iskan) terasa dinamis.

BACA JUGA:Bank Indonesia Bali Ngeraos Sareng Media, Dahlan Iskan Ajak Wartawan Becermin


Dahlan Iskan saat memberikan materi tentang enterpreneur di Grand Launching Wirausaha Merdeka ACEC 2024 Unair, 23 September 2024-Sahirol Layeli-Harian Disway

Kegelisahan di tengah persaingan dunia kerja tak lagi menjadi topik dominan, karena semangat untuk menciptakan peluang usaha mulai menggantikan rasa takut akan masa depan. 

BACA JUGA:Selamat Ulang Tahun ke-37, eh, ke-73, Dahlan Iskan!

Saat Dahlan Iskan naik ke panggung untuk memberi materi, tepuk tangan menyambutnya. Ia melangkah santai dan tegas ke panggung, dengan senyum khas yang selalu menebarkan aura positif.

"Jadi wirausaha itu susah atau mudah?" tanya Dahlan Iskan mengawali sesi diskusi.

Pertanyaan itu membuat seisi ruangan hening. Namun, Abah Dahlan mengajukan pertanyaan sedikit berbeda dengan meminta peserta berdiri untuk menjawab pertanyaan itu. 

Dalam sesi tanya jawab, suasana makin seru. Salah satu mahasiswi dari Universitas Islam Madura, Fitria Regina, dengan antusias bercerita tentang bisnisnya berjualan bucket bunga dan menjadi guru les privat. 

BACA JUGA:Tanri Abeng di Mata Dahlan Iskan: Pak Tanri Adalah Contoh 'Sekali Hidup Banyak Berbuat'!


Dahlan Iskan (kanan) dan Muhammad Farrel (kiri) saat sesi tanya jawab di Grand Launching Wirausaha Merdeka ACEC 2024 Unair, 23 September 2024-Sahirol Layeli-Harian Disway

Dengan gaya santai namun penuh kebijaksanaan, Dahlan Iskan memberi materi wirausaha dengan mengambil contoh kasus dari Fitria Regina. Dia disuruh memilih tentang passion-nya apakah menjadi pengajar atau enterpreneur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: