Hiks! Rafael Nadal Pensiun dari Tenis Profesional, Simak Laga Terakhirnya

Hiks! Rafael Nadal Pensiun dari Tenis Profesional, Simak Laga Terakhirnya

Rafael Nadal pensiun dari tenis profesional.-Marco Bertorello-AFP

HARIAN DISWAY - Dunia tenis putra harus siap melepas salah satu pemain legendaris. Rafael Nadal, kolektor 22 gelar Grand Slam dan raja lapangan tanah liat itu, pensiun dari tenis profesional pada akhir musim ini.

Sebelum benar-benar berhenti, pemain berusia 38 tahun itu akan terjun dalam satu turnamen terakhir. Ia mewakili Spanyol dalam final Piala Davis di Malaga bulan depan.

Yang bikin sedih, Rafael Nadal pensiun karena dipaksa oleh kondisi badan. Dalam dua tahun terakhir, ia sudah jarang bermain karena cedera. Tahun lalu, ia mengisyaratkan bisa pensiun pada akhir 2024.

"Halo semuanya. Aku ingin memberi tahu kalian semua bahwa aku pensiun dari tenis profesional," kata Rafael Nadal dalam pesan video yang ia unggah di akun Instagram pribadinya, Kamis malam, 10 Oktober 2024.

BACA JUGA:Spektakuler! Obor Olimpiade Menyala di Balon Udara, Dibawa Zidane hingga Rafael Nadal

BACA JUGA:Jonatan Christie dkk Masuk Athlete Village, Gregoria Selfie Bareng Rafael Nadal

"Faktanya adalah, tahun-tahun ini sangatlah sulit. Khususnya dua tahun terakhir. Kurasa, aku tidak bisa bermain tanpa batasan," jelasnya.


Rafael Nadal pensiun dari tenis profesional. Foto: Rafael Nadal mengumumkan pensiun dalam video di Instagram. -Instagram Rafael Nadal-

"Ini adalah keputusan terberat yang pernah kubuat. Aku butuh waktu lama sekali untuk mengambilnya," Nadal mengaku. Ekspresinya penuh emosi.

"Tapi, segala hal dalam hidup ini pasti ada awal, dan juga ada akhirnya," tambah penguasa Prancis Terbuka tersebut.

Tunggal Putra Tersukses Kedua

Rafael Nadal mengakhiri karier sebagai pemain tunggal putra tersukses kedua sepanjang masa. Ia mengumpulkan 22 gelar grand slam, di belakang salah satu rival kuatnya, Novak Djokovic.

Ia dijuluki Raja Tanah Liat karena begitu dominannya ia di lapangan clay. Ia memborong gelar tunggal Prancis Terbuka sebanyak 14 kali. Memenangkan 112 dari 116 pertandingan besar di Roland Garros.

BACA JUGA:Novak Djokovic Raih Gelar Grand Slam ke-23 di Roland Garros, Resmi Lampaui Perolehan Rafael Nadal

BACA JUGA:Novak Djokovic Persembahkan Grand Slam ke-24 untuk Kobe Bryant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc