Kominfo Kota Pasuruan Fasilitasi Aduan Pelayanan Air dan Sanitasi

Kominfo Kota Pasuruan Fasilitasi Aduan Pelayanan Air dan Sanitasi

Sosialisasi e-sambat menjembatani warga melaporkan soal air bersih dan sanitasi -Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY - Dinas Kominfo Kota Pasuruan bekerjasama dengan USAID IUWASH untuk memperkuat pemahaman masyarakat mengenai mekanisme pengaduan yang tersedia melalui kanal resmi e-sambat/SP4N LAPOR!.

Masyarakat bisa melaporkan pelayanan soal air bersih dan sanitasi lewat e-sambat dan segera direspon. Dinas Kominfo Kota Pasuruan pun melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif. 

Program tersebut mencakup sosialisasi intensif tentang pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pelaporan masalah terkait akses air bersih, sanitasi, serta pengelolaan sumber daya air. Masyarakat didorong untuk menggunakan kanal pengaduan yang sudah ada yaitu E-Sambat dan SP4N LAPOR! guna memastikan setiap keluhan bisa ditangani dengan cepat dan tepat sasaran.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan akses informasi publik mengenai mekanisme pengaduan ini. Bersama USAID IUWASH Tangguh, kami akan terus membangun sistem pengaduan yang transparan dan responsif untuk membantu mem-follow up keluhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sektor air dan sanitasi,” ujar Kepala Diskominfo Kota Pasuruan Imam Subekti.

BACA JUGA:Semarak Festival Gemar Makan Ikan di Kota Pasuruan

BACA JUGA:190 Atlet Kota Pasuruan Berangkat POPDA

Imam mengharapkan masyarakat lebih mudah memahami prosedur dan mekanisme pelaporan, serta berkontribusi aktif dalam menjaga keberlanjutan pelayanan air bersih dan sanitasi yang lebih baik.

“Kami memperkuat sistem yang memungkinkan setiap masyarakat memiliki akses untuk melaporkan permasalahan dengan mudah, dan pemerintah dapat merespons secara cepat dan tepat,” kata Imam.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan masyarakat lebih mudah memahami prosedur dan mekanisme pelaporan, serta berkontribusi aktif dalam menjaga keberlanjutan pelayanan air bersih dan sanitasi yang lebih baik. Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyedia layanan publik di sektor vital ini, seiring dengan peningkatan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam menangani setiap keluhan yang masuk.

Sementara Herry Susanto, perwakilan USAID IUWASH Tangguh, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kolaborasi antara pihaknya dengan Diskominfotik. Sebagai lembaga yang konsisten bergerak di bidang sanitasi dan sumber daya air bersih, USAID IUWASH Tangguh ingin ikut berkontribusi langsung dalam pembangunan di Kota Pasuruan dalam sektor air minum, sanitasi, dan sumber daya air. Menurutnya, pengaduan masyarakat menjadi salah satu alat untuk membenahi layanan publik di sektor ini.

BACA JUGA:H-1 Debat Kedua Pilgub Jatim, Khofifah Blusukan ke Pasar Kota Pasuruan

BACA JUGA:Desa Sumberejo Masuk Nominasi 10 Terbaik di APJW II, Pj Bupati Pasuruan: Kami Bangga!

"Kami ucapkan terimakasih karena telah diberikan kesempatan untuk berkolaborasi. Apalagi di sini (Kota Pasuruan) ternyata memiliki kanal pengaduan lokal yaitu E-Sambat sehingga menarik bagi kami untuk melihat efektifitas kanal pengaduan dalam menangani keluhan terkait air minum, sanitasi, dan sumber daya air. 

Herry juga menyampaikan bahwa kelurahan Bugul Lor menjadi salah satu fokus dalam project timnya karena masih terdapat beberapa permasalahan terkait sanitasi dan pengelolaan sumber daya air. Harapannya dengan masyarakat mengenal layanan pengaduan online, memudahkan masyarakat melapor untuk peningkatan kualitas sanitasi dan sumber daya air di lingkungan sekitar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: