Tingkatkan Mobilitas di Sumatra, Anies Baswedan Ingin Bangun Jalur Kereta Double Track

Kamis 07-12-2023,22:23 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

BACA JUGA: Anies Baswedan Dicurhati Pedagang Pasar Baru Karawang Soal Harga Sembako

BACA JUGA: Anies Baswedan ke Rumah Proklamasi Kemerdekaan di Karawang, Janji Biayai Perawatan Situs Bersejarah

Menurut Anies, jika kereta api hanya berangkat membawa penumpang pada pagi dan malam hari, maka jumlah penumpangnya terbatas. Beda cerita jika kereta api membawa penumpang setiap dua jam. Hubungan antarkota bisa tersambung setiap saat.

"Naik kereta api juga membuat kita bisa berbagi ruang. Perasaan persatuan dibangun di dalam kereta api," kata Anies.

"Beda dengan jalan tol yang hanya dinikmati oleh orang yang punya mobil. Kereta api adalah kendaraan rakyat yang mempersatukan," papar mantan Menteri Pendidikan RI itu.

BACA JUGA: Disambut Lautan Santri, Anies Ingin Pesantren dan Sekolah Negeri Setara

Anies mengungkapkan, kendaraan umum harus terus dikembangkan di masa mendatang untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melintas di dalam maupun antar kota.

Kenapa pilihannya kereta? Menurut Anies, kereta api dapat membantu kita untuk mengurangi beban negara. Ketika memakai kendaraan pribadi, maka pemilik mobil harus memakai BBM dan BBM subsidi dari pemerintah.

Yang kedua, kereta api akan memangkas penggunaan mobil pribadi. Yang berarti mengurangi emisi gas karbon yang memiliki efek rumah kaca. 

BACA JUGA: Istri Anies Baswedan Fery Farhati Dicurhati Perajin Tahu Cibuntu Soal Harga Kedelai

"Dan yang ketiga, seperti yang saya sebut di atas tadi. Kereta api adalah kendaraan umum yang mempersatukan karena memuat banyak orang," tutur Anies.


Tingkatkan Mobilitas di Sumatra Anies Baswedan Ingin Bangun Jalur Kereta Double Track. Foto: Anies Baswedan bersama mahasiswa Universitas Malahayati, Kamis, 7 Desember 2023.-Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN-

Selain membangun moda transportasi antarkota, Anies juga berkomitmen untuk membangun transportasi umum dalam kota di Lampung.

Selama menjadi gubernur DKI Jakarta, ia cukup berhasil mengembangkan transportasi di ibu kota. Mulai dari pembangunan jalur MRT, LRT, hingga membuat sistem Jak Lingko.

BACA JUGA: Anies Sambangi Nelayan Kronjo, Mereka Titip 5 Aspirasi Ini

BACA JUGA: Anies Baswedan Berkunjung ke Pesantren di Deli Serdang, Minta Ulama Tegur Pemerintah

Kategori :