GP Azerbaijan: Oscar Piastri Juara, McLaren Kembali ke Puncak Klasemen Konstruktor!

Senin 16-09-2024,00:17 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Retna Christa

Intinya, ini adalah malam yang menyenangkan bagi McLaren. Mereka kini mengumpulkan 476 poin di klasemen konstruktor. Unggul 20 poin atas Red Bull, yang selama empat musim terakhir super-super dominan.

Sedangkan Lando Norris memotong jarak poin dengan Max Verstappen di klasemen pembalap. Pembalap Inggris itu mengoleksi 254 poin, tertinggal 59 poin dari sang jagoan Red Bull.

Dengan tujuh balapan tersisa, dan poin maksimal 206, segalanya masih bisa terjadi.

Jalannya Lomba GP Azerbaijan


GP Azerbaijan: Oscar Piastri juara, McLaren kembali ke puncak klasemen konstruktor! Foto: Oscar Piastri leading sejak lap ke-20.-Andrej Isakovic-AFP

Cuaca cerah dan kombinasi ban medium tampak mendominasi sirkuit Baku City sesaat sebelum GP Azerbaijan dimulai. Charles Leclerc (Ferrari) start dari psisi terdepan, disusul Oscar Piastri (McLaren), dan Carlos Sainz (Ferrari).

BACA JUGA:Formula 1: Pirelli Siapkan Ban Khusus Sirkuit Baku City Azerbaijan

BACA JUGA:McLaren dan Ferrari Perketat Persaingan, Red Bull di Bawah Tekanan F1 2024

Lampu hijau menyala, start yang apik dipertunjukkan oleh Charles Leclerc. Oscar Piastri yang berusaha mengimbangi pun tak kuasa merebut tikungan 1. Leclerc memimpin.

Pertarungan depan hanya diisi tiga pembalap dengan catatan waktu yang rapat: Leclerc, Piastri dan Sergio Perez (Red Bull). Perez  sukses menyalip rekan setim Leclerc, Carlos Sainz, yang start dari posisi ketiga.

Posisi itu bertahan sampai lap ke-13. Saat itu, Max Verstappen masuk pit pertama untuk mengganti ban keras. Disusul George Russell masuk pit untuk ganti ban keras.

Pada lap ke-15, sesuai petunjuk radio McLaren, Oscar Piastri diinstruksikan untuk terus berusaha lepas dari kejaran Leclerc dan Sergio Perez, sebisa mungkin.

BACA JUGA: McLaren F1 Siap Kudeta Red Bull di Sisa Musim 2024, Persaingan Makin Panas!

BACA JUGA:Tim Red Bull F1 Rajanya Sirkuit Baku City Azerbaijan, Ini Catatan Rekornya!


GP Azerbaijan: Oscar Piastri juara, McLaren kembali ke puncak klasemen konstruktor! Foto: Oscar Piastri ketika menyalip Charles Leclerc pada lap ke-20.-Andrej Isakovic-AFP

Lap ke-17, Leclerc masuk pit. Ketika keluar, ia bergabung tepat di belakang Carlos Sainz dan Oscar Piastri. Kedua pembalap terdepan masuk pit selang satu lap kemudian.

Kategori :