GP Azerbaijan: Oscar Piastri Juara, McLaren Kembali ke Puncak Klasemen Konstruktor!

Senin 16-09-2024,00:17 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Retna Christa

Hingga lap ke-19, posisi Piastri tepat di belakang Leclerc. Sementara Carlos Sainz tertahan oleh Alexander Albon, Sergio Perez, dan Lando Norris. Ketiganya sama-sama belum masuk pit stop.

Pada lap ke-20, overtake bersejarah itu terjadi. Oscar Piastri sukses menyalip Charles Leclerc dari sisi dalam, dan megambil alih pimpinan lomba.

Lomba berjalan semakin seru setelah kejadian itu. Leclerc berkali-kali berupaya menyalip Piastri kembali. Tapi gagal.

Termasuk di lap ke-29, Leclerc sudah di kanan Piastri. Namun Piastri masih bisa bertahan di sisi dalam jelang tikungan 1, Leclerc pun kembali gagal overtake dari sisi kanan.

BACA JUGA:Red Bull F1 Siapkan Strategi Setelah Jonathan Wheatley Pindah ke Audi

BACA JUGA:Scuderia Ferrari Tunjuk Loic Serra sebagai Direktur Teknis Chassis Baru


GP Azerbaijan: Oscar Piastri juara, McLaren kembali ke puncak klasemen konstruktor! Foto: Lando Norris yang berhasil finis di posisi kemepat.-Andrej Isakovic-AFP

Pada lap ke-48, Leclerc melaporkan bahwa ban belakangnya mulai kehilangan cengkraman. Maka, pembalap asal Monaco itu sedikit mengurangi kecepatan.

Lap ke-50, Leclerc sudah goyah karena cengkraman ban belakangnya terus berkurang. Perez yang terus menempel melihat kesempatan untuk overtake Leclerc. Pada saat bersamaan Sainz juga akan melakukan overtake ke Perez.

Nahas, pada saat itu, mobil Perez dan Sainz bersenggolan dan insiden pun tak terelakkan. Keduanya tergelincir menabrak tembok, dan sama-sama gagal menyelesaikan lomba. Padahal, tinggal dua lap!

Lap ke-51, Piastri berlari tanpa tekanan menuju garis finis, dan Leclerc menyusul kemudian terpaut +10.910 detik. George Russell finis ketiga dengan rentang +31.328 dari Piastri. (*)


Klasemen konstruktor usai Oscar Piastri (McLaren) juara di GP Azerbaijan (15/9)--Twitter Formula 1 @F1

Kategori :