INKA Siapkan Bus Listrik KTT G20 untuk Finalis Koko Cici Jawa Timur 2022

INKA Siapkan Bus Listrik KTT G20 untuk Finalis Koko Cici Jawa Timur 2022

Bus Listrik buatan INKA E-Inobus yang digunakan sebagai sarana transportasi finalis Koko dan Cici Jawa Timur 2022.-Nadine Chumia Putri-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT INKA Indonesia memberi fasilitas untuk panitia dan finalis Koko Cici Jatim 2022. Yakni dua unit electric bus yang digunakan sebagai sarana transportasi untuk finalis Koko Cici 2022. Kedua bus tersebut baru saja digunakan dalam gelaran KTT G-20 di Nusa Dua, Bali. 

Penyediaan dua unit electric bus tersebut adalah bentuk support PT INKA terhadap event Pemilihan Koci Jatim 2022. “PT Inka menyambut baik penggunaan bus listrik untuk transportasi Koci, karena kami berkomitmen untuk memberi dukungan penuh terhadap event tersebut, untuk melestarikan budaya dan pariwisata Jawa Timur” ujar Muhammad Advin Hidayat, manager Humas & Protokoler PT INKA. 

Selain itu, bentuk dukungan tersebut dalam rangka turut mengembangkan komunitas electric vehicle, yang segera difungsikan menjadi sarana transportasi massal. “Kami juga bermaksud memperkenalkan produk E-Inobus sebagai hasil karya anak bangsa yang menjadi kebanggaan kita bersama,” terangnya. 

Dua unit bus tersebut baru hadir di Surabaya pada 24 November 2022. Setelah dioperasikan selama gelaran KTT G20 di Nusa Dua Bali. “Dari Bali pulang ke Surabaya hari Minggu. Sampai di Surabaya langsung diarahkan ke Student Center Unesa. Tempat para finalis Koci menjalani karantina,” ujar pria 33 tahun itu. 

Kode kedua E-Inobus tersebut adalah M6 dan M8. Berkapasitas 19 penumpang yang dapat duduk dan 5 penumpang berdiri. Bus tersebut diproduksi oleh PT INKA dengan berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. 

E-Inobus memiliki desain car body monocoque, yang terbuat dari bahan stainless steel. Sehingga memiliki ketahanan yang kuat.  Sedangkan suspensinya menggunakan air suspension. Baterai E-Inobus menggunakan LFP, berkapasitas 138 kwh, dipadukan dengan penggunaan motor listrik tipe synchronous motor 120 kw, sehingga mampu menempuh kecepatan 100 km/h dan jarak tempuh sejauh 160 km.


Ketua Ikatan Koko Cici Jawa Timur Helena Aprillia (tiga dari kiri) dan panitia pemilihan Koko Cici Jatim 2022 merasakan naik bus listrik E-Inobus buatan PT INKA. -Nadhine Churnia Putri-Harian Disway-

Proses pengisian baterainya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Saat berada di Student Center Unesa, tim dari PT INKA memberi kesempatan untuk panitia Koci Jatim 2022 menumpang bus M8. Rutenya berputar dari Student Center hingga kawasan Citraland. Cici Helena Aprilia, ketua Ikatan Koci Jatim duduk bersama Koko Agustinus Susanto, Divisi Humas dan Pengembangan Wilayah Ikatan Koci Indonesia. Keduanya didampingi oleh Koko Michael Santoso, panitia Koci Jatim 2022.

“Busnya anteng. Nyaman. Memang kelasnya bus G20, jadi semua fitur dan fasilitasnya bagus,” ujar Agustinus. Bus tersebut pernah ditumpangi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Mendikbudristek, Nadiem Makariem. (Guruh Dimas Nugraha) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: