Roman Uchytel, Paleoartist dari Ukraina Bikin Perbandingan Nenek Moyang Trenggiling Jawa

Roman Uchytel, Paleoartist dari Ukraina Bikin Perbandingan Nenek Moyang Trenggiling Jawa

Perbandingan Trenggiling Indonesia dengan trenggiling purba bikinan Paleoartist Ukraina, Roman Uchytel.-instagram @romanuchytel-

KIEV, HARIAN DISWAY  - Seorang Paleoartist bernama Roman Uchytel telah membuat ilustrasi gambar perbandingan ukuran dan bentuk hewan. Gambar itu menyoroti perjalanan evolusi yang telah dialami hewan selama jutaan tahun. Yang terbaru adalah Trenggiling Jawa dari Indonesia.

Pada unggahan di instagramnya, ia membuat gambar disertai penjelasan terkait bagaimana evolusi dan ukurannya. Seperti trenggiling yang terakhir dimuat di kanal instagramnya. 

Terlihat Manis Javanica nama ilmiah dari trenggiling masa kini terlihat lebih kecil. Disampingnya, Manis Paleojavanica nampak terlihat lebih besar, bahkan lebih ukurannya bisa sampai 2,5 meter.

Uchytel mulai berinisiatif membuat sketsa perbandingan hewan prasejarah dengan evolusinya di jaman ini ketika ia sering berkunjung di kebun binatang. 

Pengetahuannya tentang anatomi hewan dan bakat artistik membuatnya ingin “menghidupkan makhluk purba” melalui komparasi. 

Yakni hewan zaman prasejarah dengan evolusinya yang masih eksis sampai sekarang. Koleksinya bisa dijumpai di situs artis “Prehistoric Fauna” dan sebagian dimuat di instagramnya @romanuchytel.


Sosok Roman Uchytel dari Ukraina yang memegang seekor panda.-instagram @romanuchytel-

“Kami mendapatkan ide ini bersama dengan istri saya, Alexandra Uchytel yang juga mitra bisnis saya. Ini kami lakukan agar anak-anak bisa mengetahui persis tentang bagaimana nenek moyang hewan-hewan di kebun binatang yang dilihatnya,” kata Uchytel. 

“Selain itu, saya bertanya-tanya bagaimana hewan-hewan ini bisa cocok satu sama lain. Semua orang bandingkan hewan yang punah dengan manusia, tapi tidak ada yang membandingkan dengan makhluk yang sejaman,” tambahnya.

 

Uchytel memilih untuk tidak berfokus pada dinosaurus. Baginya itu membosankan, dan sudah banyak yang sudah ada. Baginya akan lebih menarik membandingkan hewan yang biasa dijumpai saat ini dan nenek moyangnya jutaan tahun lalu.

Ahli paleoartist ini telah membuat perbandingan ukuran dan bentuk dari beragam kingdom animalia. Yang sudah dimuat di feed instagramnya yaitu paus biru hingga trenggiling Indonesia.

 “Saya sudah bekerja sama selama bertahun-tahun dengan museum dan ilmuwan dari seluruh dunia. Mereka berbaik hati memberi saya deskripsi ilmiah dengan rinci. Mulai dari foto kerangka, hingga informasi lain yang saya perlukan terkait proyek ini,” kata seniman Ukrania itu. 

“Meskipun dalam beberapa proyek harus bergantung pada mereka, saya bersyukur memiliki pengetahuan biologi khusus dan pendidikan seni,” katanya.

Gambar yang sudah dibuat menyoroti perubahan evolusioner dramatis. Terpampang pada teks penjelasan yang ada pada gambar yang ia buat. 

Sambil menampilkan spesies luar biasa dari masa lalu, ia membuat orang yang melihat dan membaca bisa terkesima. Yakni dengan memandang bagaimana bentuk tubuh dan ukuran makhluk hidup bisa berubah dengan signifikan. (Fidelis Daniel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: