Kertha Bumi Bhayangkara, Satu-Satunya Pura di Lingkungan Polresta Jatim

Kertha Bumi Bhayangkara, Satu-Satunya Pura di Lingkungan Polresta Jatim

Iptu Gede Budayasa, Kasubag Kerma Bag Ops Polresta Sidoarjo, mengerjakan sembahyang Tri Sandhya, dengan khusus, dan dengan sikap Paramansanti, di Pura Kertha Bumi Bhayangkara, Jumat, 10 Maret 2023-Andika Bagus Priambodo-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Mapolresta Sidoarjo berwajah baru. Ya, telah dibangun dua rumah ibadah baru di halaman belakang markas komando kepolisian itu: Gereja dan Pura. Berdiri indah dan saling berdampingan.

Kedua rumah ibadah itu masih sunyi saat Harian Disway datang, Jumat, 10 Maret 2023. Memang, sebagian umat Hindu maupun Nasrani, tidak sedang beribadah.


Satu-satunya pura yang dibangun di lingkungan Polresta di Jawa Timur-Andika Bagus Priambodo-

Hanya terlihat seorang anggota Polresta yang selesai mengerjakan sembahyang di Pura. Yaitu, Iptu Gede Budayasa. Pria yang menjabat Kasubag Kerma Bag Ops Polresta Sidoarjo itu pun bercerita tentang aktivitasnya itu: sembahyang Tri Sandhya.

Sembahyang rutin setiap hari, yang dikerjakan oleh umat Hindu, tiga kali sehari: pagi, siang, dan sore hari. "Itu yang sering anggota, khususnya umat Hindu kerjakan di sini," ujar Gede usai sembahyang.

BACA JUGA:Mobil Listrik Ubaya Siap Bersaing

BACA JUGA:Lawan Southamton Manchester United Jangan Kumat Lagi

Ketua pengurus pura itu pun bersyukur. Telah dibangunkan rumah ibadah berkonsep Tri Mandala.

Tri Mandala berarti memiliki tiga tempat sebagai ruang melaksanakan upacara keagamaan. Utama Mandala yang berarti tempat paling suci untuk melakukan pemujaan, Madya Mandala yang berarti tempat untuk berinteraksi sosial, dan Nista Mandala yang berarti tempat paling luar bangunan Pura.


Iptu Gede Budayasa, Kasubag Kerma Bag Ops Polresta Sidoarjo sedang mengerjakan sembahyang Tri Sandhya di Pura Kertha Bumi Bhayangkara, Jumat, 10 Maret 2023-Andika Bagus Priambodo-

Maka, pura yang dinamai Kertha Bumi Bhayangkara tersebut dapat difungsikan sebagai tempat berbagai acara keagamaan umat Hindu. Seperti, untuk merayakan Hari Suci Purnama, Senin, 6 Maret 2023. 

Itulah kali pertama umat Hindu di Polresta Sidoarjo merayakan Hari Suci Purnama. Mereka mengajak anggota keluarga untuk beribadah di bangunan yang berdiri di tanah seluas 120 meter persegi itu.  

BACA JUGA:Xavi Fokus Lawan Bilbao, Madrid Kita Urus Nanti

BACA JUGA:Pakar Antropologi Filipina di UKDC: Sistem Kekerabatan Indonesia Serupa dengan Negaraku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: