3 Ribu Calon Jemaah Haji Jatim Belum Lunasi Bipih, Ditunggu Sampai 12 Mei

3 Ribu Calon Jemaah Haji Jatim Belum Lunasi Bipih, Ditunggu Sampai 12 Mei

Jemaah haji --

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Batas pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) diperpanjang oleh Kemenag sampai 12 Mei. Kepala Kantor Kemenag Jatim imbau CJH segera lakukan pelunasan.

 

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 352 tahun 2023, tentang Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler 1444 H, mulai 11 April 2023, hingga 5 Mei 2023. Namun, Kemenag mengumumkan perpanjangan tenggat waktu pada hari yang sama.

 

KMA juga mengatur tentang masa pelunasan serta, besaran Bipih. Tetapi, Kemenag memberikan kelonggaran kepada jemaah, yang belum melunasi Bipih-nya. Para jemaah diminta segera melakukan pelunasan Bipih, sesuai masa perpanjang yang ditetapkan oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU).

 

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang Hingga 12 Mei

BACA JUGA:Indonesia Kawinkan Medali Emas di Balap Sepeda XCO

 

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram mengatakan, per tanggal 5 Mei 2023, pukul 15.00 WIB, sudah ada 31.256 jemaah haji Jawa Timur, yang sudah melakukan pelunasan.

 

"Jemaah haji Jatim yang telah melakukan pelunasan Bipih sudah 82 persen dari kuota," ujar Husnul. Artinya, masih ada 18 persen lagi jemaah, yang belum melakukan pelunasan. "Ada sekitar 3537 jemaah haji yang belum melunasi. Karena itu, tahapan terkait pelunasan diperpanjang hingga 12 Mei," sambungnya.

 

BACA JUGA:Kebangkitan Pebisnis dari Pandemi di Panggung Pesta Wirausaha Komunitas Tangan di Atas

BACA JUGA:Pesta Meriah Pembukaan SEA Games Kamboja

 

Tahapan pelunasan Bipih yang sempat ditutup pada 18 April 2023 karena seiring cuti bersama Hari Raya Idulfitri, telah dibuka kembali pada 26 April 2023.

 

"Saya harap, jemaah dapat memanfaatkan perpanjangan waktu itu, untuk segera melakukan pelunasan," harap Husnul. Tahun ini, Jawa Timur  mendapat kuota jemaah haji reguler, sebanyak 35.152 orang. Terdiri 33.035 jemaah, 1758 prioritas lansia, 122 pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), serta 237 petugas haji daerah (PHD).

 

BACA JUGA:Tiga Biang Keladi Rusaknya Jalan di Lampung

Ia menambahkan, jemaah haji kloter pertama dijadwalkan mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya, pada 23 Mei 2023. Mereka akan menuju Arab Saudi, diterbangkan secara bertahap, mulai 24 Mei 2023. 

"Keberangkatannya kurang dari sebulan. Jaga terus kesehatanya ya," tandas Husnul. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: