Film Hati Suhita, Ceritakan Pemeran Utama Terinspirasi dari Raja ke 6 Majapahit, Maharani Suhita

Film Hati Suhita, Ceritakan Pemeran Utama Terinspirasi dari Raja ke 6 Majapahit, Maharani Suhita

Alim Sudio (kiri, penulis skenario "Hati Suhita") bersama Wafda Saifan (tengah) dan Nadya Arina (kanan) saat berbincang di Meeting Room, kantor Harian Disway, Jalan Walikota Mustajab Surabaya.-Syahrul Rozak Yahya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -, Menyimak film Hati Suhita, serta membaca novelnya yang berjudul sama, terdapat beberapa nama yang tak asing. Seperti tokoh utama bernama Alina Suhita, yang diperankan Nadya Arina, serta Ratna Rengganis, yang diperankan Anggika Bolsterli.

Dalam kunjungan ke kantor Harian Disway pada 12 Mei 2023, Alim Sudio, penulis skenario menyebut bahwa novel karya Khilma Anis itu dibuat dengan riset dan perencanaan yang cukup panjang.

“Jadi tidak ditulis asal-asalan. Beberapa karakter di dalamnya sangat dekat dengan Jawa Timur. Termasuk dari segi kultur, mitos dan sejarahnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Hore! ATM dan Mobile Banking BSI Sudah Normal

BACA JUGA:AS Roma Makin Dekat ke Final Piala Eropa, Jose Mourinho Digoda PSG

Mendengar nama Suhita, tentu banyak masyarakat mengenal tokoh Ratu Majapahit bernama sama: Dyah Suhita. 

Pemimpin kerajaan besar itu berhasil menstabilkan keadaan Majapahit setelah sekian lama dilanda perang saudara. Namun dia dihadapkan pada pilihan sulit. Yakni menyatukan keluarga agar tetap rukun, namun dengan syarat, Suhita harus menyingkirkan Raden Gajah, seseorang yang berjasa menumpas para bangsawan pemberontak.

Suhita pun lebih memilih untuk menyatukan dua keluarga besar bangsawan yang pernah bertikai. Meski harus menghukum mati Raden Gajah.

“Betul. Garis besarnya seperti itu. Namun diolah dengan permasalahan yang berbeda. Tokoh Suhita dalam Hati Suhita menghadapi dilema juga,” ujar Chand Parvez Servia, produser film itu. “Dibumbui dengan dengan budaya pesantren serta tradisi perjodohan. Itulah konflik yang ada dalam film kami,” sahut Alim.

BACA JUGA:ASEAN Sepakat Tak Bergantung USD Lagi

BACA JUGA:Surabaya Tourism Award Diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Hari Jadi Kota Surabaya

Tokoh Dharma yang diperankan Ibrahim Risyad, bisa jadi merupakan representasi tokoh cerita rakyat Jawa Timur: Damarwulan, yang mencintai Ratu Kencana Wungu, representasi Ratu Suhita. Namun perjalanan cinta mereka tak mulus.

“Ya, di film Hati Suhita, antara Dharma dan Suhita, sebenarnya sama-sama menaruh hati. Tapi ada batasan di antara mereka. Sebab, Suhita sudah menikah,” ujar Wafda Saifan, salah satu aktor. “Berbeda dengan saya yang berperan sebagai Arya. Kami berdua terlihat terang-terangan bahwa kami saling menyukai,” tambahnya.

Begitu pun tokoh bernama Rengganis. Dikisahkan bahwa aktor yang diperankan Anggika itu merupakan perempuan yang begitu dicintai oleh Gus Birru, yang diperankan oleh Omar Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: