Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Menjaga Warisan Sejarah dalam Keindahan Hotel Kokoon (16)

Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Menjaga Warisan Sejarah  dalam Keindahan Hotel Kokoon (16)

Gedung eksotis Kokoon Hotel juga dilengkapi dengan kolam renang.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Hotel Kokoon, dengan bangunan bernuansa heritage yang memikat, berhasil meraih penghargaan The Best Tourism Attraction dalam Surabaya Tourism Awards 2023. Pengelolanya cerdas. Bisa mengelola bangunan tua jadi hotel yang eksotis.

Di tembok bagian atas Hotel Kokoon terpampang jelas tulisan NV Handel M’J Hwat Goan yang belum hilang. Tulisan tersebut menggambarkan status perseroan terbatas (PT) dari perusahaan kelas atas yang sebelumnya menempati hotel itu. 

Hotel dibangun pada awal pendirian perusahaan tersebut, yakni 1920-an, saat zaman Belanda. Gedung di Jalan Slompretan itu menjadi saksi bisu sepanjang perjalanan perusahaan tersebut.

Hingga saat ini, perusahaan itu masih aktif, tetapi berganti nama menjadi PT Dwi Satria Utama (DSU). Pemiliknya, Listjanto Tjiptobiantoro, merupakan keturunan kelima dari pendiri aslinya.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Magnet Chocolate Hour Movenpick Hotel (17)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Tahu Tek Terenak di Surabaya ada di SWK Siwalankerto (18)

Hotel Kokoon merupakan bagian dari grup perusahaan tersebut dan didirikan pada 2018. Beberapa elemen interior dari masa lalu perusahaan sengaja dibiarkan ada. Barang-barang antik yang telah berusia puluhan tahun dipajang dengan anggun di lobi hotel, berfungsi sebagai hiasan atau rak minuman. 


GM Hotel Kokoon Surabaya, Andreas Ragil Raharjo menunjukkan telepon dan alat penyiar video jadul yang dipajang di lobi hotel.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Berbagai jenis telepon kantor, mesin tik, dan perlengkapan kantor lainnya terpampang di meja lobi, termasuk infokus manual dan pemutar film layar lebar yang memberikan sentuhan khas pada hotel itu.

Tepat di depan meja resepsionis hotel terdapat pompa sumur jadul yang memberikan kesan nostalgia. Untuk menghindari kecelakaan, sumur tersebut telah diberi pembatas dan dilengkapi kaca transparan agar tetap terlihat. ”Takutnya ada yang terjatuh. Terutama anak-anak,” kata Andreas Ragil Raharjo, general manager Hotel Kokoon.

Di lantai 2 bangunan itu terdapat ruang rapat dengan ukuran yang cukup besar. Di belakangnya terdapat kolam renang yang menambah kenyamanan bagi para tamu.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Dahlan Iskan’s Choice The Westin (14)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ruang Publik Super Bersih Hotel Ciputra World (13)

Kamar-kamar hotel terletak di bangunan yang berbeda dengan bangunan utama. Terdiri atas tujuh lantai dengan total 87 unit kamar, yang dibagi menjadi lima tipe: standar, superior, deluxe, family, dan junior suite. Andreas menjelaskan bahwa yang mereka jual kepada tamu adalah bangunan lobi yang indah.

Ketika malam tiba, keindahan Hotel Kokoon makin memukau dengan desain lampu yang elegan. Bangunannya terlihat seperti istana yang memancarkan keanggunan. Ketika pengunjung memasuki hotel, kekaguman makin bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: