Jane Birkin, Inspirasi Tas Hermes Birkin, Meninggal di Usia 76 Tahun

Jane Birkin, Inspirasi Tas Hermes Birkin, Meninggal di Usia 76 Tahun

JANE BIRKIN, inspirasi di balik tas Hermes Birkin, meninggal pada usia 76 tahun.-Telegraph-

HARIAN DISWAY – Pernahkan Anda bertanya-tanya siapa inspirasi tas Birkin buatan Hermes yang superpopuler itu? Jawabnya adalah Jane Birkin. Penyanyi, aktor—dan ikon mode—asal Inggris yang menjadi bintang di Prancis. Jane Birkin meninggal di Paris, Minggu, 16 Juli 2023 dalam usia 76 tahun.

’’Jane Birkin adalah ikon Prancis,’’ puji Presiden Prancis Emmanuel Macron di Twitter. ’’Dia adalah seniman yang komplet. Suaranya yang lembut seindah komitmen dan gairahnya yang menyala-nyala. Dia memberkati kita dengan warisan berupa lagu-lagu dan citra yang tak akan pernah meninggalkan kita,’’ tulisnya.

BACA JUGA: Ada Tas Lucu Mini Birkin Snow Faubourg

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne tak ketinggalan menyampaikan duka cita. ’’Dia (Jane Birkin, Red) tak akan pernah bisa dilupakan. Suara dan pesona dia begitu unik.’’

Di Prancis, Jane Birkin dikenal sebagai gadis kecil Inggris. Dia lahir di London, 14 Desember 1946. Ibu dia adalah seorang aktris. Sedangkan ayahnya perwira angkatan laut. Pada usia 17 tahun, dia menikah dengan musisi John Barry. Yang dikenal sebagai komposer musik tema film-film James Bond. Namun, pernikahan itu hanya bertahan tiga tahun.

Popularitas Jane Birkin naik setelah membintangi film Blow-Up pada 1966. Dua tahun kemudian, pada usia 22 tahun, dia hijrah ke Prancis. Membintangi film komedi satir berjudul Slogan. Di situlah, dia berjumpa penyanyi dan penulis lagu Serge Gainsbourg.


JANE BIRKIN dan Serge Gainsbourg, pasangan duet sekaligus kekasihnya pada 1960an.-The Guardian-

Meski terpaut usia 18 tahun, Jane Birkin dan Serge Gainsbourg cocok. Merka menjadi kekasih di layar maupun di balik layar. Kolaborasi keren mereka menjadikan keduanya pasangan selebriti paling powerful pada dekade 70an.

BACA JUGA: Disoal, Pamer Hermes KW

Pasangan itu meledak berkat karya berjudul Je t’aime… moi non plus. Meskipun lagu itu sempat dilarang diputar dan dihujat Vatikan karena liriknya terlalu erotis, Je t’aime… moi non plus menabalkan status Jane Birkin sebagai aktris, penyanyi, dan fashion icon di jaman itu. Hingga akhirnya menjadi inspirasi tas Hermes yang paling populer.

’’Kehidupan Jane Birkin, sekalipun tanpa Gainsbourg, adalah petualangan yang sangat mulus. Dia membuat rekaman, membintangi film, bermain di teater, dan masih banyak lagi. Dia adalah cinta pertama bagi banyak orang waktu itu,’’ tulis majalah Le Monde. 

Kesehatan Jane Birkin sudah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Terutama, setelah terkena serangan stroke pada September 2021. Gara-gara itu, beberapa pertunjukan dia harus tertunda.

Ibu tiga anak itu dijadwalkan tampil dalam konser di Paris pada Mei 2023. Namun, agenda itu kembali tertunda setelah Jane Birkin mengalami patah tulang bahu pada Maret 2022. Kedua kejadian itu tidak menyurutkan semangat dia untuk kembali bertemu fans.

’’Aku adalah pribadi yang selalu optimistis,’’ kata Jane Birkin tahun lalu, dalam pernyataan yang dikutip Guardian. ’’Aku sadar, butuh waktu lebih panjang lagi sebelum aku bisa naik panggung lagi dan bertemu kalian. Aku cinta sekali menemui kalian di panggung,’’ tambah Jane Birkin kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Guardian