Pemerintah Akan Pasang Chatra di Puncak Stupa Induk Candi Borobudur, Menag: Untuk Menarik Wisatawan

Pemerintah Akan Pasang Chatra di Puncak Stupa Induk Candi Borobudur, Menag: Untuk Menarik Wisatawan

Foto menunjukkan Stupa Induk dengan hiasan Chatra hasil rekonstruksi Theodoor Van Erp-id.wikimedia.org/collectie_tropenmuseum-

HARIAN DISWAY - Pemerintah mengumumkan akan memasang payung Chatra pemuncak stupa induk Candi Borobudur. Hal tersebut untuk menarik kunjungan Umat Buddha dan wisatawan dunia. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengkonfirmasi bahwa Chatra Borobudur akan segera dipasang. Hal tersebut disampaikan Menag dalam konferensi pers usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Magelang, Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Pemerintah Targetkan Candi Borobudur Bisa Sedot 2 Juta Wisman

"Tadi disepakati bahwa Chatra Borobudur akan segera dipasang. Ini menjadi kabar baik bagi umat Buddha dan menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia," kata Yaqut Jumat, 21 Juli 2023. 


Menag Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan kepastian pemasangan Chatra Borobudur selepas Rakornas DPSP di Magelang, Jateng, Jumat 21 Juli -Kemenag-

Chatra, yang berarti payung dalam bahasa sanskerta, adalah simbol suci tradisi agama Hindu, Buddha maupun Jainisme. Chatra juga dikaitkan dengan simbol kelahiran Pangeran Siddharta, sang Buddha. 

Diskursus tentang sejarah arkeologis Candi Borobudur menyebutkan bahwa puncak stupa Induk Borobudur memiliki ornamen Chatra ini. Namun pemasangan kembali Chatra memicu banyak perdebatan karena Chatra yang ada saat ini diragukan keaslian bentuknya. 

BACA JUGA:Sarhunta Borobudur, Alternatif Penginapan Murah Dekat Kawasan Wisata Magelang

Chatra, kata Yaqut, adalah semacam penutup yang berada di stupa paling atas Candi Borobudur. Chatra berbentuk seperti payung itu saat ini belum dipasang dan masih disimpan di Museum Karmawibhangga Taman Wisata Candi Borobudur.

"Nah, kalau Chatra itu dipasang maka Borobudur ini akan menjadi semakin agung dan lengkap," imbuhnya. 

"Saya berharap kabar ini juga dapat menjadi kabar baik bagi umat Buddha. Karena Chatra ini akan memperkuat nilai spiritual Borobudur. Ini juga akan menarik bagi para wisatawan religi," imbuhnya. 

BACA JUGA:Perayaan Waisak Gerakkan Sektor Parekraf Sekitar Borobudur, Hotel dan Homestay Penuh

Rakornas Pengembangan Lima DPSP ini dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan menghadirkan sejumlah menteri meliputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. 

Hadir pula para wakil menteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, para bupati di lingkup 5 DPSP dan stakeholder terkait lainnya. Rakornas bertempat di Plataran Borobudur Resort and Spa, Jawa Tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: