Review Drakor King the Land: Akhir Bahagia Kisah Cinderella Versi Korea

Review Drakor King the Land: Akhir Bahagia Kisah Cinderella Versi Korea

REVIEW ending drama King the Land: Akhir Kisah Cinta Cinderella ala Korea yang dibintangi YoonA SNSD dan Lee Junho 2PM.-JTBC -Soompi

HARIAN DISWAYKing the Land. Drama romansa kantor yang dibintangi YoonA SNSD dan Lee Junho 2PM itu sukses mencuri perhatian penggemar drakor.

Sejak dirilis hingga tamat, King the Land selalu meraih rating tinggi. Episode pemungkas yang tayang Minggu, 6 Agustus 2023, membukukan rating 13,8 persen! King the Land juga selalu trending di Netflix serta berbagai media sosial. Bagaimana tanggapan kami setelah menuntaskan 16 episode? Ini review-nya.

Seperti drama romansa kantor lainnya, King the Land menceritakan perjalanan cinta atasan dan bawahan. Kali ini antara Gu-Won (Junho 2PM), anak chaebol pemilik King Group, dengan Cheon Sa-rang (YoonA SNSD), salah seorang karyawan di King Hotel. Cinderella banget, pokoknya!

BACA JUGA: Ending Memuaskan, King the Land Catat Rating Tinggi

Selama dua bulan menemani fans, King the Land benar-benar memberikan suguhan yang indah dan menyenangkan. Jalan cerita yang ringan, konflik yang tidak lebay, dan akting para pemain yang prima. Chemistry antara Lee Junho dan YoonA terbangun sangat natural. Hingga membuat fans curiga mereka berpacaran.

Seputar Cinta, Persahabatan, dan Dunia Kerja


REVIEW ending drama King the Land: Akhir Kisah Cinta Cinderella ala Korea yang dibintangi Go Won-hee (kiri) dan Kim Ga-eun.-JTBC-Soompi

Cerita King the Land berfokus pada Cheon Sa-rang, gadis lulusan D-2 yang melamar pekerjaan di hotel impiannya, King Hotel. Di antara kedua sahabatnya, Kang Da-eul (Kim Ga-eun) dan Oh Pyeong-hwa (Go Won-hee), hanya Sa-rang yang belum mendapat pekerjaan. Namun, kedua bestie tersebut selalu memberikan support kepada Sa-Rang.

BACA JUGA: King the Land Dianggap Tak Hormati Budaya Arab, Ini Respons Tim Produksi

Begitu juga sebaliknya. Ketika Pyeong-hwa yang berprofesi sebagai pramugari diremehkan oleh rekan kerjanya, Sa-rang menghibur dan membesarkan hatinya. Di sisi lain, waktu Da-eul yang ditekan oleh keluarga suaminya yang problematik, mereka saling memberikan support. Sa-ang dan Pyeong-hwa kerap mengajak Da-eul melampiaskan kemarahan dengan cara sederhana. Seperti makan dan karaoke bersama.

Ya, King the Land tidak melulu soal cinta-cintaan. Drama ini juga kental dengan nuansa persahabatan dan dunia kerja. Ketiga bestie itu melewati beragam tantangan hidup bersama dan menjadi tempat berkeluh kesah buat satu sama lain.

Walau sibuk dengan pekerjaan masing-masing, mereka tetap meluangkan waktu untuk sekedar bercerita tentang apa yang mereka alami. Relatable dengan kalian?

BACA JUGA: Jadi Proyek Junho 2PM Bareng Yoona SNSD, Ini 5 Fakta Tentang Drakor King The Land

Sisi Lain Keluarga Konglomerat


REVIEW ending drama King the Land: Akhir Kisah Cinta Cinderella ala Korea yang dibintangi aktris senior Kim Seon-young.-JTBC-Soompi

Dari luar, keluarga konglomerat terlihat bahagia karena bergelimang harta. Namun di balik itu semua, ada konflik yang bisa membuat keluarga hanyalah menjadi hiasan semata.

Gu-won, si pewaris King Hotel, punya sisi kelam. Sebagai anak lelaki satu-satunya dari sang konglomerat Gu Il-hoon (Son Byung-ho), ia mengemban tuntutan dan tanggung jawab berat.

Tapi, keluarganya sama sekali tidak mendukung. Ayahnya bersikap dingin kepadanya. Sedangkan kakak perempuan tirinya, Gu Hwa-ran (Kim Seon-young) malah terang-terangan meminta Go-won tidak ikut campur mengurus hotel.  

BACA JUGA: Yoona Girls' Generation Bintangi Drama King The Land Bersama Lee Junho 2PM

Ada hal yang disembunyikan di balik sikap dingin dan kebencian Gu-won yang teramat sangat pada senyuman. Terlebih senyum palsu. Itu semua berkaitan dengan keluarganya. Gu-won kehilangan ibunya. Juga bersaing dengan Hwa-ran. Itu semua berperan membentuk kepribadiannya.

Kalau ada kritik buat King the Land, itu adalah kehidupan pribadi Hwa-ran. Sebagai salah satu pilar penting dalam kehidupan Gu-won, mestinya kepribadian si kakak tiri ini bisa dieksplorasi lebih dalam.

BACA JUGA: Tanggapan Netizen Korea Soal Rumor Pacaran YoonA dan Lee Jun-ho: Mana Buktinya?

Sepanjang 16 episode, kita hanya tahu sedikit saja tentang sisi lain Hwa-ran. Misalnya anak semata wayang dia, yakni Yoon Ji-hu (Kim Dong-ha) yang dituntut untuk menjadi dewasa terlalu cepat. Ji-hu terpaksa merelakan waktu bermain agar kelak bisa menjadi pebisnis seperti ibunya. Ia harus belajar keras supaya bisa diterima sekolah di luar negeri.

Di luar itu, informasi soal kehidupan pribadi Hwa-ran terlalu sedikit dan seperti sekedar ditambah-tambahkan saja.

Chemistry Yoona dan Junho yang Bikin Baper


REVIEW ending drama King the Land: Akhir Kisah Cinta Cinderella ala Korea yang dibintangi YoonA SNSD dan Lee Junho 2PM.-JTBC-Soompi

Chemistry dari couple ini memang tak perlu diragukan lagi. Secara keseluruhan, interaksi yang kuat di antara kedua sahabat itu adalah salah satu faktor yang membuat drama ini sangat menarik untuk ditonton. Mulai dari chemistry fisik hingga emosional, mereka sukses membawakannya dengan sangat alami.

BACA JUGA: YoonA dan Lee Jun-ho Bantah Rumor Pacaran

Love-hate relationship antara Sa-rang dan Gu-won membuat gemas para penonton. Mungkin karena mereka sama-sama penyanyi idol, dan sudah berteman sejak lama, maka interaksinya bisa lebih natural. Mereka sukses membuat penonton terbawa perasaan alias baper.

Junho dan YoonA bahkan sempat membuat geger dunia drakor karena dirumorkan berkencan di dunia nyata. Sayangnya, kabar tersebut hanya rumor belaka, dan dibantah oleh agensi masing-masing. Hmm, kalian tim percaya mereka dating atau tidak?

Alur yang Ringan dan Menghibur

The last but not least, dengan alur yang ringan dan menghibur, King the Land membuat penonton tidak perlu berpikir keras menerka kisah masa lalu Cheon Sa-rang dan Gu-won. Karena sejak awal episode, latar belakang keduanya telah dijelaskan. Bagaimana hubungan mereka tiba di titik ini, sudah terlihat dengan gamblang.  

Walaupun sempat tersandung masalah gara-gara tokoh pangeran Arab di episode 7 dan 8, King the Land tetap menjadi salah satu drama yang worth to watch tahun ini. Endingnya juga memuaskan. Happy. No sad-sad atau gantung-gantung club.

Nah, berhubung sudah tamat, 16 episode King the Land sudah bisa ditonton di Netflix tanpa harus menunggu lagi setiap pekan. Tertarik? Happy watching! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: