Mengenal Quiet Quitting, Rahasia Awet Muda yang Dilakukan Penduduk Kota Zona Biru

Mengenal Quiet Quitting, Rahasia Awet Muda yang Dilakukan Penduduk Kota Zona Biru

Potret Kota di Pulai Ikaria, Yunani di waktu sore hari -National Geographic-www.nationalgeographic.co.uk


MENGENAL quiet quitting, kebiasaan yang diterapkan masyarakat Zona Biru untuk tetap awet muda. Para nenek dari Okinawa, Jepang, ini sudah berusia 100 tahun. -Blue Zones-

’’Mereka umumnya tidak terobsesi dengan apa pun. Bagi mereka, hidup itu tidak selalu harus dihabiskan dengan mengerjakan tugas-tugas yang berat,’’ paparnya.

BACA JUGA: Dua Porsi Bikin Awet Muda

Istilah yang digunakan Buettner, warga di kota-kota Zona Biru itu menerapkan apa yang disebut quiet quitting.

Quiet quitting adalah budaya di mana orang tidak melupakan waktu untuk menyenangkan diri meskipun disibukkan dengan aneka pekerjaan.

’’Di Sardinia, Italia, misalnya. Warganya secara rutin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sehingga lebih banyak waktu untuk bertemu teman dan keluarga sembari minum anggur,’’ ungkap Buettner.  

BACA JUGA: Diet DASH Sangat Fleksibel, Tapi Jangan Sampai Lakukan Kesalahan-Kesalahan Ini…

’’Sedangkan di Nicoya, Kosta Rika, biasanya warga di sana hanya fokus pada pekerjaan selama beberapa jam saat pagi. Hingga sebelum tidur siang atau saat menjelang waktu tidur siang. Sehabis itu, mereka lebih banyak bersantai,’’ paparnya.

Dengan waktu luang yang banyak, penduduk Zona Biru lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan menyenangkan. Menikmati anggur, bersantai di tempat kerja, dan menari bersama di lantai dansa.


MENGENAL quiet quitting, kebiasaan yang diterapkan masyarakat Zona Biru untuk tetap awet muda. Inilah Dan Buettner yang meneliti Blue Zones.-Blue Zones-National Geographic

Bukan kebetulan juga, kebiasaan mereka juga berguna untuk membuat tubuh lebih bugar. Sehingga, jika dilakukan secara rutin tanpa paksaan, akan meningkatkan angka harapan hidup juga. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Berkenalan dengan DASH, Diet Fleksibel yang Bisa Mencegah Hipertensi

Minum anggur dalam porsi cukup

Anggur merah, bila diminum dengan dosis yang pas, memiliki berbagai dampak positif buat. Penduduk Ikaria, Yunani secara teratur menikmati anggur buatan mereka sendiri.

Anggur diproduksi secara tradisional. Sehingga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalium, zat besi, dan antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.insider.com