Wisuda ke-84 UK Petra Luluskan 1.252 Mahasiswa, 582 Orang Raih Cumlaude

Wisuda ke-84 UK Petra Luluskan 1.252 Mahasiswa, 582 Orang Raih Cumlaude

Rektor PCU, Prof Djwantoro Hardjito mengajak para wisudawan mengaktualisasikan LIGHT dalam acara Rapat Senat Terbuka, Wisuda ke-84 PCU.-Petra Christian University-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Universitas Kristen (UK) Petra—atau Petra Christian University/PCU—menggelar wisuda ke-84 pada Sabtu, 2 September 2023. PCU mewisuda 1.252 mahasiswa.

’’Selamat mengarungi ’lautan luas’ kehidupan di dunia kerja, maupun untuk melanjutkan studi. Sesuai dengan kehendak Tuhan,’’ kata Profesor Djwantoro Hardjito, rektor PCU.

Djwantoro memberi sambutan pada acara Rapat Terbuka Senat dalam rangka wisuda ke-84. Acara itu diselenggarakan pada 1-2 September 2023. Per hari dibagi menjadi dua shift. Yakni pada pukul pukul 08.30 dan 14.00 WIB di Auditorium Kampus Timur.

BACA JUGA: Kepoin Jiufenghua, Band sejuta Prestasi dari UK Petra


Suasana Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-84 Petra Christian University.-Petra Christian University-

Tahun ini, PCU meluluskan 1.252 wisudawan dalam Rapat Terbuka Senat tersebut. Terdiri dari 1.136 lulusan Program Sarjana (S1), 38 lulusan Program Profesi, 77 lulusan Program Magister (S2), dan seorang lulusan pertama Program Doktoral.

Dalam sambutannya, Prof Djwantoro mengajak para wisudawan untuk terus bertumbuh dalam kasih, integritas, kerendahan hati dan kebenaran.

’’Sesuai dengan core values PCU. Yaitu LIGHT: Love, Integrity, Growth, Humility dan Truth agar dapat mentransformasi masyarakat, untuk kemuliaan Tuhan,’’ paparnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Enam Negara Ikut KKN UK Petra di Mojokerto

Dengan demikian, hingga saat ini PCU telah meluluskan 48.927 lulusan yang tersebar di enam benua.

Di antara para lulusan, terdapat 539 lulusan Program Sarjana (S1) dan 43 lulusan Program Magister (S2) yang berhasil memperoleh predikat cumlaude. Jadi, totalnya ada 582 lulusan.

Predikat itu diberikan pada wisudawan yang berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,50 dengan masa studi tempuh maksimal delapan semester.

BACA JUGA: Kecerdasan Buatan yang Semakin Marak di Kehidupan (4) : Unair Bikin Prodi AI, UK Petra Rancang Supercomputer

Tak hanya itu, terdapat juga 184 lulusan Program Sarjana (S1) yang berhasil meraih penghargaan sebagai lulusan Aktif Berprestasi.

Penghargaan itu diterima oleh mereka yang aktif di berbagai kegiatan. Baik di kampus maupun di luar, dengan IPK diatas 3,00 dalam jangka waktu sembilan semester.

Selain itu, sebagian wisudawan juga memperoleh joint atau double degree dari berbagai universitas luar negeri mitra PCU.

BACA JUGA: Mahasiswa UK Petra Ajak Siswa-Siswi SD Belajar Pemrograman

Sebagian besar wisudawan aktif pula dalam program internasional. Seperti student exchange, summer program, dan lain-lain.


UK PETRA gelar wisuda ke-84, luluskan 1.252 mahasiswa.-Guruh Dimas-Harian Disway-

Rona bahagia terpancar dari wajah para wisudawan karena perjuangan mereka selama ini akhirnya membuahkan hasil yang setimpal.

Salah seorang di antaranya adalah Gabriele Tjiphanata, lulusan program S1 Communication Science, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK). Dia berhasil meraih IPK 3,98.

BACA JUGA: Magang di Jaguar Land Rover, Inggris, Mahasiswa UK Petra terlibat Proyek Mercia Park

Prestasi akademis yang bagus, sejalan dengan pengalaman organisasi Gabriele sebagai Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) 2021. Itulah yang mengantar dia meraih predikat cumlaude dan Aktif Berprestasi.

Gabriele menuturkan, untuk bisa sukses di banyak bidang, kita harus menjalankan prinsip live in the moment. Perlu ada pembagian waktu yang jelas untuk mengerjakan berbagai tugas secara bergantian.

’’Jika sedang ada kelas, ya fokus dalam kelas. Jika sedang rapat ya fokus dalam rapat. Jika sedang liburan ya fokus liburan,’’ ujar dia, lantas tersenyum.

’’Lalu, jika sedang bekerja, ya fokus bekerja. Itulah live in the moment,” pungkas Gabriele. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: