Tiga Gaun Putri Diana Terjual dalam Lelang Julien's Auctions Seharga Jutaan Dollar, Siapa Penjualnya?

Tiga Gaun Putri Diana Terjual dalam Lelang Julien's Auctions Seharga Jutaan Dollar, Siapa Penjualnya?

Ketiga baju milik mendiang Putri Diana yang dilelang oleh Julien's Auctions. -AFP-

HARIAN DISWAY - Tiga gaun milik mendiang Putri Diana laku berlipat-lipat kali dalam lelang yang digelar Julien’s Auctions. Jika ditotal, ketiganya terjual dengan harga sekitar 1,62 juta dollar.
 
Dalam pelelangan, ketiga baju-baju itu sebenarnya termasuk dari 1400 item yang sedang ditawarkan. Lelang oleh Julien’s Auctions yang dilakukan secara online itu sudah berlangsung sejak Rabu, 6 September 2023 di Beverly Hills.
 
Tapi di akhir pelelangan pada Jumat, 8 September 2023, ketiganya sukses terjual. Sebagai bagian dari program lelang Julien's Auctions untuk meramaikan preview pemutaran film klasik Turner berjudul “Legends: Hollywood and Royalty".
 
 
Sebagai bagian dari barang pribadi Putri Wales, ketiganya punya sejarah. Sebab semua pernah dikenakan sebelum Putri Diana meninggal pada usia 36 tahun akibat kecelakaan mobil di Paris pada 1997.
 
Gaun apa saja yang terjual? Satu gaun sutra merah tua Bruce Oldfield dan dua desain karya Catherine Walker yakni gaun strapless sutra beludru hitam dan sutra putih tanpa tali krep. Kemudian korset faille hitam off-shoulder dan rok sutra giok.
 
Gaun sutra merah Bruce Oldfield dikenakan Diana saat pemutaran perdana film Hot Shots! Film yang dibintangi oleh Charlie Sheen pada November 1991.
 
Gaun ruched lengan pendek Bruce Oldfield itu terjual seharga 571.500 dollar AS. Padahal awalnya diperkirakan seharga 200 ribu dollar AS saja.
 
Berikutnya, desain Catherine Walker hitam dan giok yang ditawarkan dengan harga pembelian minimum 100 ribu dollar AS itu pernah dikenakan Putri Diana saat gala makan malam di Royal York Hotel di Toronto, Kanada, pada 1991.
 
Secara angka, gaun yang dikenakan Diana ke acara pribadi itu terjual lebih dari delapan kali lipat dari perkiraan penjualan sebesar 60 ribu dollar. Yakni dengan harga 508 dollar.
 
Terkait harga-harga itu, Martin Nolan tentu saja amat gembira. “Penjualan gaun ini melampaui semua ekspektasi,” kata pendiri dan direktur eksekutif Julien's Auctions.
 
Sebelum terjual dalam lelang, gaun-gaun itu punya cerita. Mulanya, gaun itu dibeli oleh Ellen Petho. Yakni pengusaha wanita dari Ann Arbor, Michigan. Ia tercatat sukses menjalankan bisnis desain selama satu dekade sebelum dia meninggal pada usia 82 pada Januari 2023 lalu.
 
Ellen membeli gaun itu dengan dua gaun lainnya dalam lelang yang diadakan rumah lelang ternama Christie's di New York pada Juni 1997. Dibeli dengan uang tabungan Ellen sendiri yang sedianya dipakai untuk membeli rumah.
 
Setelah Ellen meninggal, suaminya Louis Petho, lalu menjual gaun-gaun itu. Tujuannya mulia, untuk donasi. “Untuk membantu mengumpulkan uang guna dana beasiswa bagi mahasiswa seni dan desain,” kata pria berusia 83 tahun itu, seperti dilansir Daily Mail.
 
Penjualan ketiga gaun itu, menurut Putri Ellen, Karrie Petho, sudah sesuai keputusan ibunya sebelum meninggal. Ellen ingin menunjukkan gaun itu kepada publik. "Ibu membaca tulisan di dalam katalog lelang bahwa Pangeran William ingin gaun-gaun itu tidak boleh disimpan di dalam lemari," katanya.
 
Artinya gaun-gaun itu harus dilihat oleh publik dan dunia luar agar memberi manfaat yang baik. “Saya pikir itulah yang menginspirasi ibu lalu sekarang dijual dalam lelang,” pungkas Karrie yang berusia 60 tahun itu. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: