Jangan Abai! Cegah Penyakit Gigi dan Mulut Sebelum Usia Senja

Jangan Abai! Cegah Penyakit Gigi dan Mulut Sebelum Usia Senja

Ilustrasi seorang lansia yang rutin menggosok gigi untuk mencegah penyakit gigi-Grin Mag-www.grinmag.com

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Selain peran dalam pencernaan, gigi juga memiliki dampak yang signifikan pada penampilan dan kesehatan secara keseluruhan. Karena itu, menjaga kesehatan gigi adalah keharusan, terutama ketika seseorang memasuki usia lansia.

Kementerian Kesehatan menekankan bahwa usia 60 tahun ke atas dapat dianggap sebagai usia lansia, dan seringkali, orang dalam kelompok usia itu kurang memperhatikan kesehatan gigi mereka.

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh lansia adalah hilangnya gigi satu per satu. Jika gigi tidak dirawat dengan baik sejak dini, maka lama kelamaan gigi dapat hilang, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai ompong.

Peran gigi dalam mendukung kesehatan dan kualitas hidup dapat dilihat dari beberapa aspek yang dijelaskan Kementerian Kesehatan:

Fungsi Pengunyah: Di usia lanjut, gigi tetap memiliki peran penting dalam menghaluskan makanan. Kerusakan atau kehilangan gigi dapat menyulitkan proses pengunyahan makanan, yang pada gilirannya dapat mengganggu pencernaan.

BACA JUGA:Cegah Alami Depresi, Sebuah Studi Bagikan Caranya Melalui 7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat di Bawah Ini

BACA JUGA:Merokok Dapat Menyebabkan Penyakit Mental? Ini Studinya

Mencegah Risiko Penyakit Lain: Kehilangan gigi atau kerusakan gigi pada lansia sering kali terkait dengan dua faktor utama, yaitu karies dan penyakit periodontal (penyakit gusi). Tanpa perawatan yang tepat, ini dapat meningkatkan risiko penyakit lain, seperti penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan diabetes.

Mempengaruhi Kualitas Hidup: Kehilangan gigi dapat berdampak pada kesehatan mental dan psikologis seseorang. Hal ini dapat menyebabkan perasaan malu karena perubahan penampilan, meningkatkan stres, dan mengarah pada isolasi sosial.

Selain itu, kesulitan dalam mengunyah makanan juga dapat mengganggu asupan nutrisi yang tepat dan mengurangi energi yang diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari.

Meskipun gigi palsu adalah solusi yang tersedia, menjaga kesehatan gigi alami adalah langkah terbaik. Kementerian Kesehatan mengingatkan bahwa tidak pernah terlambat untuk menjaga kesehatan gigi Anda selama gigi masih ada.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan merekomendasikan beberapa langkah pencegahan yang penting bagi lansia:

BACA JUGA:Alami Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Belajarlah dari Cara Ilmuwan Skincare Ini

BACA JUGA:Bahaya Keripik Pedas, Remaja AS Meninggal Usai Ikut One Chip Challenge

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id