In Memoriam Lies A.R. Dara Puspita (5-Habis): Belum Tahu Rencana ke Depan

In Memoriam Lies A.R. Dara Puspita (5-Habis): Belum Tahu Rencana ke Depan

Gaya mendiang Lies AR yang tomboi dengan sepeda motor. Sepeninggalnya, nama Dara Puspita tetap tercatat sebagai band cewek ternama tanah air. -Susy Nander-

Anggotanya Titik, Atiek CB dan Titi DJ. Namun, band itu berakhir karena para personelnya memutuskan bersolo karier. Sedangkan Titiek AR, setelah Dara Puspita bubar, dia bergabung dengan kelompok musik asal Australia: Daughter of Zeus. 

"Band yang personelnya perempuan juga. Sama seperti Dara Puspita. Saya berkeliling Eropa lagi dengan band itu," ujar Titiek.

Jika Dara Puspita pernah tur keliling Eropa selama tiga tahun, bersama Daughter of Zeus, dia berkeliling selama 4 tahun. Sama, setelah tur tersebut, bandnya bubar.

Titiek sempat bekerja selama tiga tahun di Jerman. Kemudian pindah ke Belanda dan bekerja sebagai tenaga administrasi.

Di Negeri Kincir Angin, Titiek tinggal bersama mendiang adiknya, Lies. Kemudian bergabung dengan -lagi-lagi band yang semua personelnya perempuan: Mind The Gap.

"Saya dua tahun aktif bersama Mind The Gap. Lalu bubar. Tapi sesudah itu saya masih aktif bermusik di berbagai tempat, bersama banyak band," ungkapnya.

Sedangkan Susy, pernah aktif bermain drum di kelompok pemusik Pertamina, tempat kerjanya. Dia pun hingga kini masih aktif bermain musik di gereja.

Meski telah bubar cukup lama, Titiek dan Susy menampik kabar bahwa para personel Dara Puspita pernah saling diem-dieman. "Enggak. Masih terus berkomunikasi. Sampai sekarang kalau Titiek dan Lies pulang ke Indonesia, ke rumah keluarga di Mojokerto, saya selalu hadir," ujar Susy. 
Formasi emas Dara Puspita yakni mulai dari kiri: Lies AR yang baru saja meninggal, Titik Hamzah, Titiek AR, dan Susy Nander. -Susy Nander-

Jika mereka singgah di Jakarta, pasti akan menemui Titik. Tapi reuni Dara Puspita memang selalu alot. Selain karena usia, banyak pertimbangan-pertimbangan lain. Hingga karena kerinduan itu begitu memuncak, mereka reuni pada 2022. Tepatnya saat gelaran Synchronize Fest 2022 di, Jakarta.

Itu menjadi reuni pertama sekaligus mungkin yang terakhir bagi Dara Puspita. Sepeninggal Lies, ketiga personel belum memutuskan langkah ke depan.

"Untuk saat ini, kami masih belum ada rencana apa-apa. Apalagi kami masih dalam suasana berkabung. Lies baru saja meninggal," ungkap drummer 76 tahun itu.

"Ya kita harus ketemu dulu bertiga. Tapi seperti kata Susy, kami belum mau membicarakan ke arah itu. Tidak tahu kelak. Mengalir saja," pungkas Titiek.

Masih eksis atau tidaknya Dara Puspita sepeninggal Lies, yang jelas, namanya telah tergores dalam tinta emas catatan sejarah musik tanah air. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: