Link Nonton Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober di Amerika, Bagaimana Bisa Terjadi?

Link Nonton Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober di Amerika, Bagaimana Bisa Terjadi?

Ilustrasi Gerhana Matahari cincin.-The Newyork Times-

HARIAN DISWAY -  Amerika akan menjadi saksi fenomena alam yang langka 14 Oktober 2023: gerhana matahari cincin. Fenomena itu terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, menciptakan pemandangan yang spektakuler di angkasa.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada sangat dekat atau sangat jauh dari bumi, sehingga tampak seperti cincin di sekitar matahari yang tertutup sebagian.

Meskipun matahari terlihat seperti cincin selama gerhana ini, sayangnya, fenomena ini tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata manusia.

Gerhana matahari cincin ini akan melewati sejumlah wilayah di Amerika, termasuk Oregon, California, Nevada, Utah, Arizona, New Mexico, dan Texas.

Peristiwa itu berlangsung mulai pukul 9.13 pagi waktu Amerika.

BACA JUGA:2.000 Jemaah Salat Gerhana di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

BACA JUGA:Gerhana Matahari Jadi Hiburan Para Pemudik di Surabaya

NASA mengingatkan agar warga tak melihat fenomena itu tanpa pelindung mata. Atau disarankan memakai teleskop.

"Melihat gerhana matahari secara langsung sangat berbahaya," peringatkan NASA kepada semua pengamat.

Selama gerhana matahari cincin, bulan akan menutupi matahari, tetapi karena diameter bulan lebih kecil daripada matahari, cahaya matahari akan muncul di sekitar tepi bulan yang menutupi, menciptakan efek cincin.


Seorang anak melihat gerhana matahari dengan menggunakan kacamata anti sinar UV di Masjid Al Akbar, Surabaya Jawa Timur, Kamis (20/4/2023).-Syahrul Rozak Yahya-Harian Disway

Fenomena gerhana matahari terbagi menjadi empat jenis, yaitu gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, gerhana matahari total, dan gerhana matahari hibrida.

Perbedaan utama antara gerhana matahari dan gerhana bulan terletak pada posisi bumi dalam hubungan dengan matahari dan bulan.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Parsial Muncul Mulai 09.40 Pagi di Langit Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: