Ampuh! Ini 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok secara Bertahap, Dijamin Tidak Berat

Ampuh! Ini 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok secara Bertahap, Dijamin Tidak Berat

AMPUH! Ini 5 cara untuk menghentikan kebiasaan merokok secara bertahap, dijamin tidak berat.-Very Well Mind-

HARIAN DISWAY - Anda sudah tahu, merokok adalah kebiasaan yang buruk. Sudah banyak jurnal, penelitian, hingga artikel yang menyebutkan tentang bahaya merokok.

Namun, jika sudah menjadi kebiasaan, seorang perokok akan sulit berhenti. Sebab, selain tar dan nikotin, rokok mengandung berbagai zat adiktif yang membuat penggunanya ketagihan.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kebiasaan merokok dapat membawa potensi berbagai penyakit. Mulai dari penyakit jantung koroner hingga stroke.

BACA JUGA: Pengaruh Rokok bagi Gigi dan Mulut: Mulai Kanker Mulut hingga Bibir Bengkak

Dua penyakit tersebut bisa dihindari ketika orang mau menghentikan kebiasaan merokok. Bahkan, ada penelitian, pada orang yang berhenti merokok, 2-6 minggu, fungsi silia saluran napas dan paru-paru mereka membaik.


AMPUH! Ini 5 cara untuk menghentikan kebiasaan merokok secara bertahap, dijamin tidak berat.-ver-

Bahkan, jika orang sudah berhenti merokok setelah 15 tahun, semua penyebab mortalitas dan risiko penyakit jantung koroner menurun selayaknya orang yang tidak merokok.

Untuk itu, Kemenkes membagikan dua tips bagi perokok agar bisa berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Pertama, berhenti seketika. Cara ini dinilai sulit dilakukan kebanyakan orang.

BACA JUGA: Dampak Buruk Rokok bagi Perokok Aktif dan Pasif, Begini Penjelasan Kemenkes

Kedua, berhenti secara bertahap. Cara ini relatif lebih mudah dapat dilakukan. Karena setiap langkah kecil lebih baik dilakukan daripada tidak sama sekali.

Masih menurut Kemenkes, inilah lima cara yang dapat dilakukan secara bertahap untuk menghentikan kebiasaan merokok.


AMPUH! Ini 5 cara untuk menghentikan kebiasaan merokok secara bertahap, dijamin tidak berat.-Aphiwat Chuangchoem-Pexels

1. Tunda keinginan merokok dengan memperbanyak kesibukan

Di saat Anda ingin merokok, jangan langsung dituruti. Tunda dulu 10 menit, atau 15 menit lagi. Lalu, di rentang waktu itu, lakukan kegiatan lain untuk mengalihkan pikiran dari rokok. Cara ini harus Anda lakukan berulang-ulang. Sampai Anda benar-benar melupakan keinginan merokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id