Produsen Sepatu Kulit Surabaya Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya

Produsen Sepatu Kulit Surabaya Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya

Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya. Para staff Jim Joker bersama dengan guru dan siswa SMKN 12 Surabaya jurusan Kriya Kulit.-Sahirol Layeli-


Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya. Dika Maulana dan Tedy Prastiyo sedang melakukan proses emboss. Memberi tulisan merek pada produk gantungan kunci.-Sahirol Layeli-

Setelah di-emboss, lantas dihaluskan tepinya atau di-buffle. Firmansyah, membimbing dua siswi yang melakukan proses tersebut. Mereka menggunakan pisau slicker kecil untuk merapikan tepinya.

"Kalau di-slicker, jangan ragu-ragu. Satu sayatan langsung, jangan berhenti kemudian disayat lagi. Hasilnya tidak rapi," katanya. Ia lalu mencontohkan proses menyayat pinggiran kulit itu dalam satu tarikan saja. 

Fungsinya, untuk menghilangkan sudut runcing pada ujung produk kulit. "Dibuat menumpul agar lebih artistik dan tidak mengganggu," ujarnya.


Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya. Firmansyah (bertopi), membimbing dua anak didiknya dalam proses buffle dan slicer.-Sahirol Layeli-

Wibi Putri Ramadhani dan Nova Ariani, dua siswi Kriya Kulit, mengerjakan proses penghalusan tiap tepi produk tersebut. Mereka menggunakan krim cmc, untuk bagian kontur kiri-kanan-bawah produk tersebut. Sehingga serat-serat yang menyembul akan memadat dan rapi.

Lantas, dua siswa ditemani A'ang, memainkan alat jahit untuk membuat lajur jahitan pada permukaan kulit. Sehingga jika dilihat tampak garis horisontal memanjang di kanan-kiri, di bawahnya garis vertikal. "Garis ini yang nanti akan dimasukkan benang jahit," ujar A'ang.

Tahap akhir adalah emboss, atau penyematan tulisan merek Jim Joker pada produk gantungan kunci. Dilakukan oleh Dika dan Tedy pula. "Ada alat press yang telah didesain tulisan produk. Tinggal ditekan, sudah jadi. Tinggal diberi pengait untuk gantungan kuncinya," ujar Tedy.

BACA JUGA:AZA Wear Gebrak 10.10 dengan Promo Gila! Sepatu Mulai 10 Ribu, Diskon, Cashback, dan Bundling Spesial

BACA JUGA:Zohri Kenakan Sepatu AZA by Jackson Black Classic

BACA JUGA:Ngakak! Berhasil Curi 200 Sepatu, Semuanya Kanan


Jim Joker Percayakan Pengerjaan Produknya pada Siswa Kriya Kulit SMKN 12 Surabaya. Wibi Putri Ramadhani dan Nova Ariani sedang menghaluskan tepian produk gantungan kunci.-Sahirol Layeli-

Pengerjaan produk itu tak butuh waktu lama. Mereka dapat menyelesaikan ratusan gantungan kunci dalam waktu dua hari. "Hari Senin, 23 Oktober nanti akan selesai. Ada dua jenis gantungan kuncinya. ada yang panjang dan lebar," ungkap A'ang.

"Masing-masing sebanyak 200. Jadi total 400 gantungan kunci," imbuh pria 42 tahun itu. Setelah jadi, produk-produk tersebut akan dipasarkan dalam berbagai pameran yang diikuti Jim Joker, juga berbagai outlet yang menjajakan produk merek tersebut. 

"Kami juga memasarkannya melalui Rolas Market, event bulanan kami. Ajang bazaar produk-produk kreatif SMKN 12. Masyarakat umum boleh datang dan memilih produk yang disukai," terang Firmansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: