Apa Hubungan Iran dan Houthi? Kelompok Milisi Yaman yang Nyatakan Perang Terhadap Israel

Apa Hubungan Iran dan Houthi? Kelompok Milisi Yaman yang Nyatakan Perang Terhadap Israel

Kelompok militan Houthi di Yaman yang berani menyerang Israel. Kekuatan militer tersebut tidak terlepas dari hubungan antara Houthi dan Iran sejak 2004. -Voa Indonesia-

HARIAN DISWAY - Kelompok militan Houthi asal Yaman berani melancarkan aksi perangnya terhadap Israel pada Selasa, 31 Oktober 2023 melalui beberapa serangan rudal.

Aksi perang tersebut adalah respons Houthi dalam konflik Hamas-Israel yang terjadi di Gaza sejak Sabtu, 7 Oktober 2023.

Awalnya, Houthi adalah kelompok pemberontak lokal di wilayah utara Yaman. Namun, kelompok ini berkembang secara signifikan terutama dalam bidang militer.

BACA JUGA:Apa Hubungan Iran dan Houthi? Kelompok Milisi Yaman yang Nyatakan Perang Terhadap Israel

Dalam jumlah personel, Houthi diperkirakan memiliki 75 ribu pasukan. Mereka juga memiliki senjata konvensional, seperti senapan serbu, artileri ringan, rudal jarak pendek, ranjau darat, hingga senjata anti-tank.

Selain itu, mereka juga memiliki kekuatan serangan udara yang tak bisa diremehkan. Salah satu peningkatan besar Houthi dalam bidang militer adalah penggunaan rudal balistik dan drone. Bahkan, beberapa rudal mereka mampu menjangkau wilayah Arab Saudi.

Awal Mula Hubungan Iran dengan Houthi

Semua kekuatan militer Houthi tersebut tidak dapat terlepas dari peran Iran dalam mendukung Houthi di Yaman saat melawan pemerintah Yaman termasuk Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Hubungan kerja sama Houthi dan Iran terjalin sejak 2004 yang merupakan awal konflik Houthi dengan pemerintah Yaman yang mendukung Amerika Serikat.

BACA JUGA:Kisah Musuh Baru Israel: Pasukan Houthi Jatuhkan Pemerintah Yaman 2014

Itu terjadi ketika orang-orang Houthi yang dipimpin Hussein al-Houthi turun ke jalan untuk menentang sikap pemerintah Yaman yang mendukung ekspansi Amerika Serikat ke Irak. Namun, pemerintah Yaman menanggapi aksi tersebut dengan tindakan represif.

Sejak saat itulah pemerintah Yaman menyatakan perang dengan Houthi. Kubu Houthi didukung oleh Iran yang mana kedua pihak ini beraliran Syiah. Kubu pemerintah Yaman didukung oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi yang beraliran Sunni.

Selain perseteruan antara aliran Sunni dari Arab Saudi dan aliran Syiah dari Iran, Iran dan Houthi memiliki hubungan lain dalam beberapa bidang, di antaranya.

Posisi Strategis Selat Bab el-Mandeb

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber