Keinginan Bunuh Diri Muncul, Ini 3 Langkah yang Harus Dilakukan

Keinginan Bunuh Diri Muncul, Ini 3 Langkah yang Harus Dilakukan

KEINGINAN bunuh diri muncul, ini 3 langkah yang harus dilakukan.-Ryaniel Masucol-Pexels

Saat ini, tersedia banyak layanan kesehatan mental yang dapat membantu Anda mengurangi perasaan ingin bunuh diri. Misalnya layanan Halo Kemenkes di nomor 1500-567, hotline Kesehatan Jiwa Kemenkes 021-500-454, atau SMS di nomor 081281562620.

BACA JUGA: Nasabah Pinjol Bunuh Diri, OJK Panggil AdaKami

BACA JUGA: Diduga Bunuh Diri, Kasat Narkoba Polres Jakarta Timur AKBP Buddy A Towoliu Tewas Tertabrak Kereta Api Tegal Bahari

3. Tantang Keinginan Anda

Bikin kesepakatan

Ya, bikin kesepakatan dengan diri sendiri bahwa Anda tidak akan bunuh diri hari ini. Ini mudah. Layaknya bersepakat untuk tidak diet hari ini, atau tidak merokok hari ini. Atau menunda keinginan untuk membeli iPhone terbaru.

Sementara menunda keinginan, segera cari pertolongan. Bisa ke curhat ke psikolog, berobat ke psikiater, atau sekadar memberanikan diri bercerita kepada teman. 

BACA JUGA: Diduga Bunuh Diri, Moonbin Astro Meninggal di Usia 25 tahun


KEINGINAN bunuh diri muncul, ini 3 langkah yang harus dilakukan.-BTS Fans-

Temukan alasan untuk hidup

Anda mungkin berpikir bahwa hidup sudah tidak menyenangkan lagi. Dan tidak ada gunanya dilanjutkan. Tapi sebenarnya tidak begitu. Coba beberapa hal di bawah ini untuk menemukan alasan.

- tulis hal-hal yang Anda tunggu-tunggu. Misalnya, menyantap makanan favorit, film kesayangan dirilis, bertemu kekasih, atau BTS comeback pada 2025.

- Buat rencana untuk menikmati hari esok. Enggak perlu rencana besar. Hal sesimpel bertemu teman, staycation sendirian di hotel, atau beli boba tea di mal kesayangan juga sudah oke.

- Pikirkan tentang orang-orang tercinta. Betapapun sedih dan marahnya Anda (termasuk pada mereka), ingatlah bahwa mereka akan merasa sangat kehilangan jika Anda bunuh diri.

BACA JUGA: Edukasi Isu Bunuh Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mind.org