Sidang Pleno Kongres Perempuan Penjaga Hutan Indonesia Hasilkan Presidium Daerah Provinsi, Ini Daftar Namanya!

Sidang Pleno Kongres Perempuan Penjaga Hutan Indonesia Hasilkan Presidium Daerah Provinsi, Ini Daftar Namanya!

Potret 14 presidium daerah provinsi yang terpilih dan diamanati pada Kongres Perempuan Penjaga Hutan Indonesia di Premier Ballroom Hotel Santika Gubeng Surabaya pada 9 November 2023-M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Kongres Perempuan Penjaga Hutan menjalankan sidang pleno yang menghasilkan 14 orang dari 14 provinsi se-Indonesia. Mereka dikumpulkan di Premier Ballroom Hotel Santika Gubeng, Surabaya pada Kamis, 9 November 2023.

Sidang yang diikuti oleh kategori perempuan penjaga hutan berusia di atas 30 tahun ini berlangsung cukup panjang dengan banyaknya intruksi yang diajukan kepada pimpinan sidang tetap.

Setelah mengalami proses sidang panjang, sidang pleno digelar bertujuan untuk membentuk dan menetapkan presidium daerah provinsi yang bertugas sebagai koordinator masing-masing wilayah dalam forum yang baru terbentuk pada sidang komisi.

BACA JUGA:Konferensi dan Kongres Perempuan dan Generasi Muda Penjaga Hutan Se-Indonesia, Diskusikan Apa?

“Organisasi ini merupakan perkumpulan dalam satu wadah Nasional, dan diberikan nama Forum Perempuan Penjaga dan Pengelola Hutan Indonesia yang disingkat FP3HI. Dibentuk pada tanggal 9 November 2023 di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur,” ujar salah satu anggota komisi 1 yang menyampaikan hasil diskusi forum.

Pada saat berlangsungnya sidang komisi, ada 3 tema pembahasan yang harus didiskusikan. Para peserta dibagi menjadi 3 komisi.


Peserta dari Sulawesi Tengah Ester Balango saat memimpin diskusi komisi 1 mengenai rencana pengembangan forum dan kelembagaan, serta membangun jejaring perempuan penjaga hutan Indonesia-M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

Komisi 1 membahas tentang rencana pengembangan forum dan kelembagaan, serta membangun jejaring perempuan penjaga hutan Indonesia.

BACA JUGA:Kongres Perempuan Penjaga Hutan Indonesia Rancang Organisasi FPPHI

Mereka membahas tentang gagasan forum itu dibentuk. Seperti nama forum, visi misi, sikap, nilai, prinsip, hingga persyaratan yang meliputi usia dan kewarganegaraan juga dibahas.

Komisi 2 mendiskusikan pemutusan isu dan masalah bersama yang dihadapi oleh perempuan penjaga hutan serta rencana advokasi. Juga komisi 3 yang membahas pengembangan usaha kelompok perempuan penjaga hutan terkait modal, pasar, dan teknologi.


Kondisi diskusi komisi 3 saat diskusi mengenai pengembangan usaha kelompok perempuan penjaga hutan terkait modal, pasar, dan teknologi pada 9 November 2023 -M Ahkyar Shubekhi/HARIAN DISWAY-

Hampir semua peserta dari masing-masing provinsi saling beradu gagasan demi arah tuju forum yang baru dibentuk. 

Hingga memasuki saat di mana para peserta dari perwakilan provinsi diberi waktu untuk berdiskusi dengan teman asal daerahnya. Hanya 5 menit. Untuk menentukan siapa yang akan menjadi titik koordinator mereka nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: