Wawali Pasuruan Kenakan Usong: Pakaian Khas Baru, Kombinasi Udeng dan Songkok

Wawali Pasuruan Kenakan Usong: Pakaian Khas Baru, Kombinasi Udeng dan Songkok

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo mempromosikan udeng-songkok (usong) sebagai pakaian khas Kota Pasuruan yang baru-Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY -Ada yang baru dari penampilan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo. Di beberapa rutinitasnya menghadiri acara-acara, orang nomor dua di Kota Pasuruan itu mengenakan sejenis udeng di kepalanya.

Udeng-songkok (usong) itu rencananya akan dikenalkan sebagai pakaian khas Kota Pasuruan yang baru di Hari Jadi Kota Pasuruan ke-338 pada 8 Februari nanti.

Mas Adi sapaan akrabnya mengatakan, udeng songkok tersebut bikinan perajin Kota Pasuruan yang memadukan udeng dan songkok sehingga bisa dikenakan untuk solat.

Motif batik daun suruh khas Kota Pasuruan dipilih sebagai motif usong tersebut.

"Ini asli bikinan perajin Kota Pasuruan. Jadi, ini bisa dikenakan untuk solat juga," ungkap Mas Adi. 

BACA JUGA:Sebanyak 27.538 Anak di Kota Pasuruan Mengikuti Imunisasi Polio Serentak

BACA JUGA:Ponpes Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan Konsisten Ajak Anak Tinggalkan Ponsel lewat Festival Dolanan Yuk (FDY) Ke-8

Laki-laki yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah XII Soksi Jawa Timur itu menjelaskan, bahwa usong tersebut akan dikenalkan sebagai pakaian khas Kota Pasuruan.


Wawali Pasuruan Adi Wibowo mengenakan Usong. -Lailiyah Rahmawati-

Momen peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan pada 8 Februari dipilih sebagai pengenalan pada publik. 

"Nanti saat peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan akan dikenalkan kepada masyarakat," lanjutnya. 

Namun, untuk pemilihan warna udeng-songkok tersebut disebut Mas Adi kemungkinan masih akan ada pembahasan ulang sebelum ditetapkan. "Untuk warnanya mungkin masih bisa berubah ya," tandasnya. (Lailiyah Rahmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: