Rekapitulasi KPU Surabaya Tersisa 3 Kecamatan, Rekapitulasi Jatim Ikut Molor

Rekapitulasi KPU Surabaya Tersisa 3 Kecamatan, Rekapitulasi Jatim Ikut Molor

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengikuti rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di KPU Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 28 Februari 2024. -Julian Romadhon/Harian Disway-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Kota Surabaya belum juga kelar. rekapitulasi masih tersisa tiga kecamatan. Komitmen KPU Surabaya rekapitulasi rampung malam ini, Jumat, 8 Maret 2024.

BACA JUGA:KPU Surabaya Lemot, Rekapitulasi Suara di Jatim Terancam Molor

Proses rekapitulasi KPU Kota Surabaya tak kunjung kelar ini berimbas kepada rekapitulasi Jawa Timur yang ikut molor. Padahal, dijadwalkan rekapitulasi Jawa Timur selesai hari ini.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Naafilah Astri Swarist mengatakan, ada empat kecamatan yang rencananya hari ini selesai direkapitulasi. Empat kecamatan tersebut ialah Kecamatan Tegalsari, Wonocolo, Gubeng, dan Wonokromo.

Rekapitulasi dimulai pukul 13.00 WIB untuk Kecamatan Wonokromo. Pada pukul 15.50 WIB rekapitulasi diskors sampai pukul 18.30 WIB. Kemudian dilanjutkan Kecamatan Gubeng dan Wonocolo. Sedangkan Kecamatan Tegalsari belum menyerahkan ke KPU Surabaya.

BACA JUGA:KPK Tetapkan Tersangka kasus Dugaan Korupsi di PT Taspen

"Dari total 31 kecamatan, kemarin selesai 27 kecamatan. Pertama, Wonokromo kemudian ini sedang menyiapkan Gubeng sama Wonocolo jadi kontainer sudah masuk," jelasnya.

"Sudah siap pembacaan rekapitulasi, menunggu finalisasi Tegalsari," lanjutnya.

Ia memastikan malam ini rekapitulasi bisa selesai. Sebab segala sesuatu sudah diupayakan secara maksimal hari ini. Dikatakan, Kecamatan Tegalsari juga sudah mulai tanda tangan dan tinggal proses pengecekan.

BACA JUGA:Pemungutan Suara Ulang di Kuala Lumpur Digelar Minggu

"(Yang membuat lama, red) Pencermatan ulang, Tegalsari kan TPS gak sedikit. Temen-teman harus hati-hati memastikan sudah sesuai dengan hasil," ujarnya. 

"Masalah boleh enggaknya (molor, red) surat KPU kan memang harus selesai. Jadi kita upayakan malam ini selesai. Semoga bisa memenuhi target. Tetep sampai selesai," lanjutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: