7 Tips Atasi Kantuk Saat Puasa, Tetap Produktif dan Fokus

7 Tips Atasi Kantuk Saat Puasa, Tetap Produktif dan Fokus

Ilustrasi.--

HARIAN DISWAY - Selama bulan Ramadan, perubahan jadwal tidur dan pola makan dapat membuat rasa kantuk lebih sering menghampiri. Namun, jangan biarkan kantuk mengganggu produktivitas dan kesehatan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi kantuk saat berpuasa:

1. Sering-Sering Bergerak

Kurangnya suplai oksigen pada otak bisa menjadi penyebab utama kantuk di siang hari. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk sering bergerak. Lakukan gerakan peregangan ringan atau berjalan kaki selama minimal 10 menit setiap beberapa jam. Aktivitas ringan seperti itu dapat membantu tubuh memompa oksigen dan meningkatkan kewaspadaan.

2. Istirahat dan Bersosialisasi

Relaksasikan pikiran setiap beberapa jam sekali dengan istirahat sejenak. Anda juga bisa mencoba bersosialisasi dan mengobrol dengan rekan kerja untuk meningkatkan semangat dan kewaspadaan diri.

BACA JUGA:Hilal Kemungkinan Tidak Terlihat di Tanggal 10 Maret Besok, Awal Puasa Bisa Berbeda

BACA JUGA:Jangan Hanya Lezat, 5 Menu Ramadan untuk Berbuka Puasa Ini Juga Bergizi

3. Cari Pemandangan Baru

Melihat layar komputer terlalu lama dapat membuat mata cepat lelah dan menyebabkan kantuk. Untuk mengurangi kelelahan mata, cobalah untuk melihat pemandangan baru seperti langit atau pepohonan dari jendela kantor setiap 20 menit sekali.

4. Konsumsi Makanan Sehat saat Sahur

Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dapat membantu menghindari rasa kantuk berlebih. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan hindari makanan yang dapat memicu kantuk berlebih.

5. Atur Pola Tidur Malam dan Hindari Begadang

Meskipun waktu tidur Anda berkurang selama bulan puasa, hindari begadang karena hal ini dapat memperburuk kantuk di siang hari. Istirahat malam yang cukup sangat penting untuk tubuh agar tetap sehat dan bertenaga. Tidur lebih cepat selama berpuasa, saat bulan puasa, siklus tidur otomatis akan berubah. Karena kamu akan bangun lebih pagi dan menyiapkan makan sahur. Jika kamu tidak tidur lebih cepat, waktu tidur akan berkurang rata-rata selama 40 menit.

BACA JUGA:Awal Puasa 2024 Berpotensi Berbeda, Kemenag Imbau Kedepankan Dialog dan Saling Menghargai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: