Sejarah Patung Jenderal Soedirman di Kantor Kemenhan Jepang yang Bikin Prabowo Bangga

Sejarah Patung Jenderal Soedirman di Kantor Kemenhan Jepang yang Bikin Prabowo Bangga

Petung Jenderal Soedirman di halaman belakang kantor Kemenhan Jepang. -Kemenhan Jepang-

HARIAN DISWAY – Betapa bangga Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto saat berkunjung ke kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo. Ini karena ada patung Panglima Besar Jenderal Soedirman di kompleks kantor tersebut. 

"Adanya patung Panglima Besar Jenderal Soedirman di kantor Kementerian Pertahanan Jepang menunjukkan hubungan baik Indonesia dan Jepang yang sangat lama dan baik," ujar Prabowo Subianto kepada Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru, Rabu, 3 April 2024. 

Bagaimana sejarahnya sehingga patung Panglima Besar Jenderal Soedirman bisa berdiri kokoh di sana?

Patung berbahan perunggu setinggi 4 meter itu berada di halaman dalam kantor Kementerian Pertahanan Jepang. Dari pintu gerbang kantor Kemenhan Jepang langsung belok kiri lalu di ujung belok kanan. Patung itu ada di sebelah kiri. Persis di halaman belakang kantor Kemenhan Jepang.

BACA JUGA:Reaksi Prabowo Melihat Patung Jenderal Soedirman di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang

BACA JUGA:Prabowo Tinjau Penerapan Makan Siang Gratis di Sekolah di Beijing

Setiap tahun, tepatnya pada 17 Agustus, masyarakat Jepang pengagum Jenderal Besar Soedirman bersama sejumlah warga Indonesia, mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di depan patung tersebut. Dubes RI di Jepang juga selalu diundang.

Tradisi upacara itu sudah berlangsung sejak 2014. Tiga tahun setelah patung itu berdiri di sana. Saat pandemi Covid-19, tradisi upacara itu sempat dihentikan.


Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Kihara Minoru di kantor Kemenhan Jepang, Rabu 3 April 2024. -Kemenhan Jepang-

Siapa yang punya inisiatif mendirikan patung Panglima Besar Jenderal Soedirman di sana? Dari penelusuran Harian Disway, patung itu adalah hadiah pemerintah Indonesia kepada pemerintah Jepang.

Pada 2011, Menteri Pertahanan RI periode 2009-2014 Purnomo Yusgiantoro memberikan hadiah patung Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada menteri pertahanan Jepang saat itu, Toshimi Kitazawa.

Sebelum membuat patung itu, Purnomo tentu sudah terlebih dulu meminta izin kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penyerahan dllakukan saat Menhan Jepang Toshimi Kitazawa dan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro mengadakan pertemuan tingkat menteri pada 14 Januari 2011. 

BACA JUGA:Temui PM Li Qiang, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama RI-Tiongkok

BACA JUGA:Melalui Prabowo, Xi Jinping Titip Salam Kepada Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: