Jangan Sampai Keliru! Ini Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri

Jangan Sampai Keliru! Ini Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri

Bacaan niat dan tata cara salat Idulfitri. --Sumeks

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Setelah berpuasa satu bulan lamanya, kini umat Islam memasuki hari Raya Idul Fitri.

Pada hari tersebut,  umat Islam dianjurkan untuk menunaikan salat Idul Fitri atau Salat 'Id. Berikut tata cara dan bacaan niat Salat Idul Fitri.

Hukum Salat Idul Fitri

Hukum Salat Idul Fitri adalah sunnah muakkadah atau yang dianjurkan dengan sangat kuat.

Sejak diperintahkan pada tahun kedua Hijriah, Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan Salat 'Id sampai beliau wafat. Bahkan, para sahabat Rasulullah SAW juga meneruskan tradisi ini setelah beliau tiada.

Meskipun syarat dan rukun salat Idul Fitri secara global tidak berbeda jauh dari Salat Fardhu lima waktu, namun ada beberapa perbedaan teknis yang layak diperhatikan.

Hal-hal teknis ini memiliki status sunnah, yang jika dilaksanakan akan mendatangkan keberkahan dalam ibadah kita.

Oleh karena itu, saat memasuki Hari Raya Idul Fitri, disarankan bagi seluruh umat Islam yang tidak terkendala oleh alasan tertentu untuk keluar dari rumah.

Anjuran ini juga berlaku bagi perempuan yang sedang dalam masa haid. Meskipun mereka tidak dapat melaksanakan salat, namun turut hadir dalam momen keberkahan tersebut dan merayakan kebaikan bersama kaum Muslim lainnya adalah hal yang dianjurkan.

BACA JUGA:Niat dan Tata Cara Salat Jamak dan Qashar bagi Para Pemudik

Tata Cara Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri bisa dilakukan secara berjamaah atau sendiri sepanjang dua rakaat.

Berbeda dengan Salat Fardhu biasa, takbir Salat Idul Fitri  dilakukan sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua.

Di Indonesia, waktu pelaksanaan Salat Idul Fitri biasanya dilakukan pada awal waktu, sekitar jam 06.00 hingga jam 07.00 WIB di pagi hari. Berikut tata cara beserta bacaan niat salat Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: