Sudah Terlanjur Makan Banyak Saat Lebaran? Ini 6 Bahan Alami Untuk Kontrol Kolesterol

Sudah Terlanjur Makan Banyak Saat Lebaran? Ini 6 Bahan Alami Untuk Kontrol Kolesterol

Buah yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolestrol---Freepik

HARIAN DISWAY - Merayakan Lebaran tentu tak lengkap tanpa hidangan khas seperti opor, rendang, dan gulai. Namun, perlu diingat bahwa makanan-makanan lezat tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, banyak dari kita yang kalap saat disuguhi aneka hidangan lezat tersebut. Makan yang berlebihan bisa membuat penumpukan kolesterol yang tak bagus bagi kesehatan tubuh kita. 

Tapi jika sudah terlanjur, masih ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolestrol.

Cara-cara ini cukup simpel, dengan bahan-bahan alami tanpa harus minum obat-obatan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman dari alam yang terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.


Ini penyebab kolestrol naik hingga memicu serangan jantung dan stroke-Ilustrasi/Kolestrol-Pixabay

BACA JUGA:Daftar Kalori Kue Lebaran, Ini Tipsnya Biar Enggak Kebablasan..

Di bawah ini Harian Disway sudah merangkum beberapa pilihan makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah alternatif yang baik bagi yang ingin menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Kandungan lemaknya rendah, sementara proteinnya bisa membantu melindungi jantung.

Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai tiap hari. Tujuannya untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol sehingga membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya, semisal serangan jantung. 

2. Susu Oat

Susu oat mengandung zat bernama oat beta-glukan yang membantu menjaga kolesterol tetap normal. Susu oat juga punya manfaat baik untuk jantung.

Beta glukan dapat membentuk gel di dalam usus. Sehingga dapat mengikat dan mengurangi penyerapan kolesterol. Melalui proses tersebut, beta glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kadar kolesterol LDL (jahat). 

BACA JUGA:Kiat Mudik, Lakukan 4 Hal Ini Agar Badan Bugar dalam Perjalanan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber