Unik! FC St. Pauli, Klub Punk Football yang Promosi ke Bundesliga

Unik! FC St. Pauli, Klub Punk Football yang Promosi ke Bundesliga

Unik! Berikut adalah profil dari FC St Pauli yang mengadopsi Idealisme Punk Football dari Liga Jerman -instagram -@fcstpauli

HARIAN DISWAY - FC St. Pauli berhasil kembali promosi ke strata tertinggi sepak bola Jerman setelah absen selama 13 tahun lamanya. Kepastian tersebut didapatkan usai kemenangan 3-1 atas Osnabrueck pada Minggu 12 Mei 2024.

FC St Pauli atau yang biasa disebut Saint Pauli mungkin tidak setenar klub-klub sepak bola Jerman lainnya. Secara finansial dan prestasi, tim yang bermarkas di Kota Pelabuhan, Hamburg ini masih kalah jauh dengan rivalnya, Hamburger SV, apalagi Bayern Munchen.

Akan tetapi, St Pauli lebih dari klub sepak bola, mereka memiliki idealisme dan komitmen kuat kepada lingkungan sosial, mereka representasi dari punk footballpunk football sebetulnya bukan gagasan baru.

BACA JUGA: Dortmund Deja Vu Final Liga Champions 2013, Tersisa Marco Reus dan...

Punk merupakan gerakan perlawanan anak muda kepada tatanan hidup berlandaskan dari keyakinan: we can do it ourselves. Rupanya, hal itu juga merambah ke dunia sepakbola.

Mereka merespons modernisme sepak bola Eropa dan menolak kapitalisasi sepak bola. Punk football juga ingin mengembalikan lagi sepak bola sebagai hiburan rakyat yang dekat dengan kelas pekerja.

Semua komposisi masyarakat dari kalangan menengah kebawah bisa ditemui di bagian St Pauli. Berbeda sekali dengan kota Humburg yang terkenal dengan pelabuhan besar dan kawasan elitnya.

BACA JUGA: Sejarah Bayer Leverkusen, Simbol Kebanggaan Pekerja Jerman, Raih Gelar Bundesliga Pertama Setelah 120 Tahun

Para pendukung memiliki keyakinan bahwa mereka mampu mengelola sebuah klub dengan kekuatan kolektif, mendirikan klub, dan menyelamatkan klub dari kepunahan.

Mereka tak mempersalahkan prestasi klub, para pendukung merasa lebih terhormat bila klubnya minim prestasi, daripada mereka mendapatkan suntikan dana dari kapitalis demi proses yang instan.

Mereka tak mempunyai basis pendukung sebesar seperti Bayern Munchen atau Borrusia Dortmund. Namun, St Pauli memiliki pendukung yang loyal dari kalangan sayap kiri.

BACA JUGA: Girona FC: Pesona Sepak Bola di Kota Kecil Girona

Seperti working class, skinheads, sexist, punks, rasialisme serta menjadi klub keren bagi mereka pembenci kapitalisme yang mengutuk peperangan. Secara tidak langsung bisa dikatakan St Pauli sangat menentang kelompok sayap kanan.

Para penggemar sering memakai simbol identik dengan tengkorak dan tulang bersilang sebagai simbol tak resmi klub, yang merupakan ikon terkemuka di St Pauli hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber