Cheng Yu Pilihan Direktur PT. Ide Manis Kreatif Andi Sugiarto Budiman: Zhi Yao Gong Fu Shen, Tie Chu Mo Cheng Zhen

Cheng Yu Pilihan Direktur PT. Ide Manis Kreatif Andi Sugiarto Budiman: Zhi Yao Gong Fu Shen, Tie Chu Mo Cheng Zhen

Cheng Yu Pilihan Direktur PT. Ide Manis Kreatif Andi Sugiarto Budiman: Zhi Yao Gong Fu Shen, Tie Chu Mo Cheng Zhen-HARIAN DISWAY-Dokumen Pribadi

Anda mungkin termasuk orang yang sering disemangati atau menyemangati diri dengan kata-kata begini: "Hasil tak akan pernah mengkhianati usaha". Kalimat itu konon cukup ampuh untuk memompa kembali semangat kita yang sempat kendor lantaran usaha mati-matian yang kita keluarkan ternyata kalah dengan orang lain yang hampir tak berkeringat sama sekali tapi hasilnya lebih nyata karena punya orang dalam yang bisa diandalkan.

Tak masalah. Sebab, bisa jadi hal begitu hanyalah fenomena accidental: tidak berlaku untuk semua dan tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, di negara kita tercinta, sejak kecil kita sudah diajari wejangan adiluhung "siapa giat, dia dapat". Dalam artian, kalau kita leyeh-leyeh, jangan salahkan dan jangan iri dengki kalau hasilnya tak sebesar tetangga kita yang kerja keras bagai kuda tiada libur dari pagi sampai malam.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Advokat dan Konsultan Hukum Pasar Modal Dr. Gress Gustia Adrian Pah, S.H., M.H., C.L.A., C.Me: Ji Ren Tian Xiang

Barangkali itulah mengapa Andi Sugiarto Budiman berkeyakinan bahwa hasil yang akan kita dapatkan ialah berbanding lurus dengan besaran usaha yang kita keluarkan. "Lakukan hal biasa, maka Anda akan mendapatkan hasil yang biasa. Lakukan hal luar biasa, maka Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa," ujar direktur PT. Ide Manis Kreatif tersebut. 

Di Tiongkok, ada ungkapan dengan spirit yang kurang lebih sama. Bunyinya: "只要功夫深,铁杵磨成针" (zhǐ yào gōng fū shēn, tiě chǔ mó chéng zhēn). Artinya kira-kira: asalkan usahanya ekstra, besi gelondongan pun bisa diasah menjadi jarum. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Estetika Indonesia Nana Wannee: San Shi Nian He Dong, San Shi Nian He Xi

Kuncinya: kita tidak boleh patah arang kendati onak berduri melintang di jalan terjal yang kita lalui. Pepatah Tiongkok lainnya meyakinkan kita, "皇天不负有心人" (huáng tiān bù fù yǒu xīn rén): Tuhan tak akan mengecewakan orang yang ulet berusaha. 

Apalagi bila ditambah doa ibu yang dilangitkan kepada Tuhan saban waktu. "Ibu adalah pintu kesuksesan duniawi dan ukhrawi," pungkas Andi, yang alumni Unika Widya Mandala dan kini sekaligus bekerja sebagai influencer ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: