Keutamaan Salat Rawatib: Pahala Berlimpah, Dijauhkan dari Neraka, Dibangunkan Rumah di Surga!

Keutamaan Salat Rawatib: Pahala Berlimpah, Dijauhkan dari Neraka, Dibangunkan Rumah di Surga!

Keutamaan salat sunnah rawatib.--

HARIAN DISWAY - Salat sunnah rawatib memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Memahami keutamaan ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk melaksanakannya dengan rutin.

Salat sunnah rawatib adalah salat tambahan yang mengiringi salat fardhu.

Salat ini terbagi menjadi dua jenis: salat sunnah rawatib qabliyah yang dilakukan sebelum salat fardhu dan salat sunnah rawatib ba'diyah yang dilakukan setelah salat fardhu.

Total ada 12 rakaat salat sunnah rawatib, yakni 2 rakaat sebelum Subuh, 4 rakaat sebelum Zuhur, 2 rakaat setelah Zuhur, 2 rakaat setelah Maghrib, dan 2 rakaat setelah Isya'.

Keutamaan salat sunnah rawatib telah dijelaskan dalam firman Allah SWT dan hadis Rasulullah SAW. Dengan mengetahui keutamaannya, seorang Muslim akan lebih terdorong untuk menjalankannya.

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Surat Al Mulk: 30 Kebaikan, 30 Ampunan, dan 30 Derajat!

BACA JUGA:Innalilahi, 33 Jemaah Haji Jawa Timur Wafat di Tanah Suci

Keutamaan Salat Sunnah Rawatib

Salat sunnah rawatib memiliki waktu tertentu untuk pelaksanaannya. Selain itu, ada juga salat sunnah lainnya yang dilaksanakan karena sebab tertentu seperti tahiyyatul masjid, sunnah wudhu, dan lainnya.

Salat sunnah mutlaq adalah salat yang tidak tergantung sebab maupun waktu. Jenis salat sunnah lain yang memiliki waktu tertentu termasuk salat Ied, dhuha, witir, zawal, dan syuruq. 

Keutamaan salat sunnah rawatib sangat besar, di antaranya:

1. Berpengaruh Terhadap Nasib Seorang Muslim 

Salat rawatib mempengaruhi nasib seorang Muslim, baik bahagia maupun sengsara. Allah SWT menilai hamba-Nya melalui salatnya.

Jika salatnya baik, Allah SWT akan menilai amal lainnya. Jika salatnya buruk, Allah SWT tidak perlu melihat amalan lain untuk menentukan nasib hamba-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: