Dekan FK Unair Yang Lantang Tolak Wacana Kemenkes soal Impor Dokter Asing Dipecat

Dekan FK Unair Yang Lantang Tolak Wacana Kemenkes soal Impor Dokter Asing Dipecat

Prof Budi Santoso yang baru saja diberhentikan sebagai dekan Fakultas Kedokteran Unair.-Arsip Unair-

SURABAYA, HARIAN DISWAY-Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Budi Santoso diberhentikan dari jabatannya per Rabu, 3 Juli 2024. Pemecatan itu sontak menjadi perbincangan hangat.

Sebab, terjadi tak lama setelah Budi terang-terangan menolak rencana pemerintah mendatangkan dokter asing ke Indonesia. 

Dalam pesannya yang beredar luas, Budi tak menjelaskan detail alasan pemecatannya. Namun, ia menerima keputusan itu dengan lapang dada.

BACA JUGA:Persebaran Dokter Belum Merata (1): Jatim Butuh 17 Ribu Dokter

BACA JUGA:Persebaran Dokter Belum Merata (2) : Terkendala Biaya dan Demografi 

"Assalamualaikum wr wb, Bpk ibu Dosen FK. Unair, per hari ini sy diberhentikan sebagai Dekan FK. Unair, sy menerima dengan lapang dada dan ikhlas, Mhn maaf selama sy memimpin FK. Unair ada salah dan khilaf, mari terus kita perjuangkan FK. Unair tercinta untuk terus maju dan berkembang, Aamiin3x , salam hormat untuk guru, senior dan sejawat semuanya," kata Budi dalam pesan tersebut.

Banyak pihak menduga pemecatan ini berkaitan dengan penolakan Budi terhadap dokter asing. Budi telah dipanggil Rektor Unair Prof Mohammad Nasih untuk dimintai keterangan terkait pernyataannya pada Senin, 1 Juli 2024.

Namun, ia tetap menerima keputusan Unair. Sekaligus masih meyakini bahwa penolakan serupa juga diamini oleh sejawat lainnya. 

BACA JUGA:Persebaran Dokter Belum Merata (3) : Dokter Baru Harus ke Daerah

BACA JUGA:Persebaran Dokter Belum Merata (4) : Fakultas Kedokteran Boleh Tambah Kuota

“Karena rektor pimpinan ada perbedaan pendapat dan saya dinyatakan berbeda, ya keputusan beliau, ya diterima. Kalau saya menyuarakan hati nurani,” ujar Budi kepada wartawan, Rabu malam, 3 Juli 2024.

Pada akhir Juni lalu, FK Unair merespons tegas sinyal Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mendatangkan dokter asing. Menolak terang-terangan wacana tersebut.

"Secara pribadi dan institusi, kami dari fakultas kedokteran tidak setuju," kata Dekan FK Unair Budi Santoso kepada wartawan di Kampus Unair A, Kamis, 27 Juni 2024.

BACA JUGA:Persebaran Dokter Belum Merata (5) : Gebrakan Kampus Swasta Jawab Kebutuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: