Jago Coding Kayak Xaviera Clash of Champions? Bisa Banget!

Jago Coding Kayak Xaviera Clash of Champions? Bisa Banget!

Belajar coding membutuhkan konsistensi, karena belajar coding nggak bisa disamakan seperti belajar pelajaran lainnya yang tinggal menghafalkan lalu selesai. --Microsoft Store

HARIAN DISWAY - Pernah dengar Xaviera Putri, peserta Clash of Champions yang bikin gempar? Selain jago menghafal 100 lukisan dan main game, ternyata Xaviera juga jago coding lho! 

Penasaran gimana caranya belajar coding yang efektif ala Xaviera? Yuk, simak penjelasan ini!


Coding itu hanya 20% dari perjalanan dan 80% sisanya adalah perjalanan membetulkan eror. --Inc. Magazine

1. The Coding Mindset

Hal yang sangat penting bagi kalian yang ingin mulai coding adalah mempunyai coding mindset yang benar dari awal. Karena jika dari awal kalian memiliki mindset bahwa belajar coding susah, maka seterusnya akan merasakan susah.

BACA JUGA:Evolusi Teknologi Polisi Memburu Pelaku Tindak Kejahatan: Dulu Andalkan Pager, Kini Dimudahkan Tracker Alamat IP

Kalian harus memiliki mindset yang positif. Mindset yang harus ditanamkan saat belajar coding adalah mindset untuk konsisten belajar dan mindset bahwa tidak ada sesuatu yang instan.

Belajar coding membutuhkan konsistensi, karena belajar coding nggak bisa disamakan seperti belajar pelajaran lainnya yang tinggal menghafalkan lalu selesai.

Coding itu hanya 20% dari perjalanan dan 80% sisanya adalah perjalanan membetulkan eror, maka dari itu mindset positif sangat diperlukan.

BACA JUGA:Pekan Teknologi Khusus Desa GTTGN Ke- XXV Digelar di NTB, Mendes Berharap Banyak Inovasi Teknologi Muncul dari Desa

2. The Coding Goal

Sebelum memulai coding kalian harus tahu apa tujuan belajar coding. Kalau kalian belum tahu gimana? 

Eits jangan khawatir, Xaviera memberikan tip buat kalian yang belum tahu tuuan coding bisa mencoba mengedukasi diri sebanyak-banyaknya sampai menemukan apa yang cocok untuk diri kalian sendiri.

Semisal kalian pingin belajar coding untuk buat project, membangun website, atau pingin dapat kerja di bidang coding. Kalian bisa mencari bidang yang memicu minat atau setiap bidang itu berisi apa saja, sehingga tidak belajar coding dari nol.

BACA JUGA:Behavioural Science, Teknologi, dan Kebijakan

3. Mengetahui Bahasa dan Alat Dasar Coding

Carilah bahasa pemrograman yang cocok. Programming language pertama sangat berpengaruh dengan persepsi kalian ke coding itu sendiri.

Cari dan pelajari Bahasa pemrograman yang selalu di pakai dalam bidang program yang ingin kalian pelajari. Serta fokuskan diri kalian untuk mempelajari salah satu bidang saja.

Ada banyak bahasa pemrograman, tapi untuk pemula, Xaviera sarankan mulai dari Python. Bahasa ini mudah dipelajari dan banyak sumber belajarnya.

BACA JUGA:Xavi Marah Gol Barca Dianulir: Sekelas La Liga Tak Punya Teknologi Garis Gawang

Setelah memilih bahasa programming kalian bisa memilih coding editor seperti Visual Studio Code. Karena bisa men-support banyak banget language.


Salah satu aplikasi untuk melakukan coding. --Microsoft Store

Setelah itu pelajari lebih dalam tentang terminal, jika sudah mempelajarinya lanjut kalian pelajari GitHub atau Git. GitHub adalah platform mengerjakan project coding bersama dengan teman-teman kalian untuk membuat website.

4. Latihan Melalui Proyek

Jika kalian sudah melakukan tahap satu sampai tiga, cobalah belajar lewat praktik. 

BACA JUGA:Kejar Target Net Zero Emission pada 2060, Kemenperin Dorong Sektor Industri Terapkan Teknologi Hijau

Bisa banget kalian awali dengan membuat aplikasi yang simple lalu ke aplikasi yang kompleks, seperti alat pengatur waktu sampai aplikasi yang ada karakternya.

Atau kalian bisa mengikuti lomba Hackathon, yaitu kompetisi coding yang bekerja sama dengan perusahaan untuk mewujudkan project yang bisa dipakai di dunia nyata dalam 2 atau 3 hari

5. Belajar Melalui Aplikasi Online

Jika kalian merasa belum cukup dengan materi yang sudah kalian pelajari. Kalian juga bisa belajar melalui aplikasi online seperti Programming with mosh, FreeCodeCamp.org, Kaggle, dan Standford MIT Open Courses. 

BACA JUGA:Universitas NU Yogyakarta Bangun Kampus Teknologi Islam Masa Depan, Dilengkapi Jokowi Tower dan MBZ Tower

6. Pentingnya Support dari Teman dan Mentor

Support dari teman ataupun mentor bisa menjadi moodboster bagi kita. Karena mentor yang baik akan berpengaruh dalam membantu kalian menjadi programming atau development yang baik

Ingat! Belajar coding itu menyenangkan dan gak sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting adalah konsisten dan pantang menyerah.

Yuk, mulai belajar coding sekarang! Siapa tahu, kalian bisa jadi programmer handal kayak Xaviera! (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: