Olimpiade Paris 2024: Desak dan Rajiah Raih Tiket Perempat Final Panjat Tebing

Olimpiade Paris 2024: Desak dan Rajiah Raih Tiket Perempat Final Panjat Tebing

Desak Made Rita Kusuma Dewi (kiri) memastikan diri lolos ke perempat final Olimpiade Paris 2024-Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAYPanjat tebing di Olimpiade Paris 2024 dimulai. Babak penyisihan berlangsung pada Senin, 5 Agustus 2024 untuk kategori speed putri. Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah lolos ke perempat final.

Babak penyisihan berlangsung dua tahapan. Pertama untuk penyisihan (seeding heat). Kedua untuk eliminasi (elimination heat). Pada babak penyisihan, peserta diberi kesempatan dua kali memanjat untuk mencapai waktu terbaik di Lane A dan B.

Catatan waktu mereka akan mempengaruhi peringkat atlet di fase eliminasi. Sebanyak 14 atlet bertarung di eliminasi untuk melaju ke babak perempat final. 

Pertandingan yang digelar di Le Bourget Climbing Venue, Paris itu sempat ditunda karena kendala teknis. Tombol waktu di Lane A tidak berfungsi dengan baik di awal pertandingan. 

BACA JUGA:Jadwal Semi Final Sepak Bola Olimpiade Paris 2024 : Prancis vs Mesir, Maroko vs Spanyol

BACA JUGA:Thomas Ceccon Tidur di Taman, Keluhkan Fasilitas Desa Atlet Olimpiade Paris 2024

Desak memulai laga di Lane A melawan Capucine Viglione (Prancis) di Lane B. Desak melaju lebih dulu dan kurang keras menekan tombol finis. Hal itu menjadi kendala teknis karena climber Zhou Yafei (Tiongkok) juga mengalami hal serupa sebelumnya.

Pertandingan pun diulang. Desak mencatat waktu 6,52 detik di Lane A. Lalu waktu 6,45 detik di Lane B. Hanya catatan waktu terbaik yang diambil. Desak menempati posisi keenam dari 14 atlet di fase eliminasi.

Desak mempertajam waktunya di fase eliminasi dengan 6,38 detik. Ia mengalahkan Kelly Piper (AS) yang memiliki waktu 8,43 detik. Pada babak perempat final, Desak akan berhadapan dengan Dengn Lijuan (Tiongkok) yang dijadwalkan pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Sementara itu, Rajiah menyelesaikan fase penyisihan dengan waktu terbaik 6,58 detik. Catatan waktu tersebut menjadi personal best. Rajiah menempati posisi ketujuh fase penyisihan. 

BACA JUGA:Jadwal dan Link Live Streaming Panjat Tebing di Olimpiade Paris 2024, Rajiah dan Desak Made Tampil Hari Ini!

BACA JUGA:Medali Perunggu Gregoria: Kado Terindah di Ulang Tahun ke-25

Hanya saja Rajiah terjatuh (fall) di fase eliminasi. Leslie Romero (Spanyol) melenggang dengan waktu 7,26 detik. Rajiah tetap lolos ke perempat final dengan slot waktu terbaik yang ia bukukan di fase penyisihan.

Sebagai posisi kedelapan fase eliminasi, Rajiah akan menghadapi lawan berat di perempat final. Ia melawan Emma Hunter. Climber AS itu meraih waktu 6,38 detik di fase eliminasi yang menjadi waktu terbaik kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: