Olimpiade Paris 2024: Nyesek! Desak Made dan Rajiah Pulang Tanpa Medali

Olimpiade Paris 2024: Nyesek! Desak Made dan Rajiah Pulang Tanpa Medali

OLIMPIADE Paris 2024: Nyesek! Desak Made dan Rajiah pulang tanpa medali. Foto: Rajiah Sallsabillah (kanan) memeluk Aleksandra Kalucka usai perebutan perunggu.-Fabrice Coffrini-AFP

HARIAN DISWAY - Lagi-lagi Indonesia gagal meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Panjat tebing kehilangan dua medali dari nomor speed putri. Desak Made Rita Kusuma Dewa dan Rajiah Sallsabillah pulang dengan tangan hampa.

Babak perempat final pada Rabu, 7 Agustus 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris itu berlangsung dramatis. Alesandra Miroslaw (Polandia), yang meyakinkan sejak penyisihan, merebut emas pertama nomor speed di Olimpiade.

Di perempat final, Rajiah mengawali lomba dengan baik. Dia membukukan waktu 6,54 detik. Hasil tersebut menyingkirkan Emma Hunt (Amerika Serikat) yang memperoleh waktu 7,98 detik. Rajiah pun lolos ke semifinal.

BACA JUGA:Drama Panjat Tebing Olimpiade: Veddriq Bersinar, Rahmad Tersingkir!

Sayangnya, Desak Made tidak berhasil lolos ke semifinal. Dia kalah ketika berlomba dengan Deng Lijuan asal Tiongkok. Deng melenggang dengan waktu 6,363 detik. Sedangkan Desak hanya 0,003 detik lebih lambat.


OLIMPIADE Paris 2024: Nyesek! Desak Made dan Rajiah pulang tanpa medali. Foto: Ekspresi Desak Made ketika kalah di perempat final speed putri.-Jonathan Nackstrand-AFP

"Saya nggak tahu mau ngomong apa lagi. Saya tadi sudah cepat. Tapi saya akui lawan lebih cepat," tutur Desak Made kepada NOC Indonesia. "Saya akan berjuang lagi di (Olimpiade) Los Angeles 2028," janji peraih emas Asian Games 2022 tersebut.

Maka, harapan terakhir meraih medali dari sektor putri Olimpiade Paris ini ada di pundak Rajiah.

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Desak dan Rajiah Raih Tiket Perempat Final Panjat Tebing

BACA JUGA:FPTI Targetkan Dua Emas Panjat Tebing di Olimpiade Paris 2024

Lagi-lagi keberuntungan tidak berpihak pada tim Indonesia. Rajiah kalah dari Deng Lijuan di semifinal. Rajiah mencatat waktu 6,41 detik. Sedangkan Deng Lijuan 6,38 detik.

Meski kalah, Rajiah masih berpeluang meraih perunggu. Tapi lawannya punya catatan waktu yang bagus. Yakni Aleksandra Kalucka (Polandia), yang sebelumnya tumbang dari Miroslaw.

Dalam perebutan perunggu itu, Kalucka tampil dominan. Dia finis nyaman dalam waktu 6.53 detik. Rajiah sempat terpeleset, sehingga hanya bisa membukukan waktu 8.24 detik.

"Sedih sebenarnya waktu kalah di semifinal. Tapi saya sendiri masih ada babak selanjutnya. Jadi menahan tetap fokus," tutur Rajiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: noc indonesia