BPIP dan Undip Bersinergi dengan Pemkab Klaten, Perkuat Ideologi Pancasila

BPIP dan Undip Bersinergi dengan Pemkab Klaten, Perkuat Ideologi Pancasila

BPIP menggandeng Pemerintah Kabupaten Klaten dan Universitas Diponegoro (Undip) untuk bekerja sama dalam pembinaan ideologi Pancasila.-BPIP-

HARIAN DISWAY - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus berupaya memperkuat pembinaan Ideologi Pancasila di tengah masyarakat melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi.

Dalam semangat gotong royong, BPIP menggandeng Pemerintah Kabupaten Klaten dan Universitas Diponegoro (Undip) untuk bekerja sama dalam pembinaan ideologi Pancasila.

Kerjasama ini secara resmi ditandatangani pada Minggu, 11 Agustus 2024, oleh pimpinan BPIP, Bupati Klaten, dan Rektor Undip. Penandatanganan tersebut diikuti oleh kegiatan Gelar Karya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Kabupaten Klaten.

Acara ini dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klaten, pimpinan Undip, pimpinan BPIP, sekitar 700 mahasiswa KKN Penggerak Pancasila, dan 70 kepala desa dari 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Klaten.

BACA JUGA:Kepala BPIP Sambut Iringan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Meningkat Jelang ke IKN

Adhianti, Deputi Pengendalian dan Evaluasi yang mewakili Kepala BPIP, menegaskan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara di tengah perkembangan situasi global dan disrupsi teknologi yang pesat.

"Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter atau jaring pengaman agar bangsa Indonesia tidak terjebak dalam arus globalisasi yang semu. Kita perlu membangun karakter bangsa yang berkepribadian luhur, dimulai sejak usia dini," ujar Adhianti.

Melalui program KKN Mahasiswa Penggerak Pancasila, diharapkan pemahaman Pancasila di kalangan generasi muda dan masyarakat semakin meningkat, sekaligus mengembangkan keterampilan sosial dan mendorong inovasi dalam menghadapi masalah sosial.

Program ini juga bertujuan memperkuat kapasitas kepemimpinan generasi muda, berkontribusi dalam pembangunan masyarakat desa yang mandiri, serta menumbuhkan rasa nasionalisme yang lebih kuat.

"Peran mahasiswa adalah memperkuat penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat jati diri sebagai anak bangsa yang cerdas, dan membekali diri dengan pendidikan berlandaskan Pancasila. Internalisasi nilai-nilai karakter Pancasila dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan Perguruan Tinggi sesuai dengan fungsi Tridarma yang diemban, yaitu melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)," tambah Adhianti.

BACA JUGA:Setelah 56 Tahun, BPIP Lanjutkan Tradisi Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka

BACA JUGA:BPIP Serahkan Duplikat Bendera Pusaka dan Buku Pendidikan Pancasila ke 38 Provinsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: