Korsel Tebar Anjing Pelacak Tangkal Kutu Busuk dari Olimpiade Prancis 2024

Korsel Tebar Anjing Pelacak Tangkal Kutu Busuk dari Olimpiade Prancis 2024

TIM AUSTRALIA melihat denah kampung atlet Olimpiade Paris 2024 saat baru tiba di Saint-Denis, 18 Juli 2024.- GEOFFROY VAN DER HASSELT-AFP-

HARIAN DISWAY - Ada tim khusus yang dipekerjakan di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Tim itu dipimpin oleh seekor anjing beagle berusia dua tahun. Namanya, Ceco. Tugasnya pasti: mencegah masuknya kutu busuk ke Negeri Ginseng itu. Terutama, kutu busuk yang dibawa para atlet dan ofisial yang baru pulang dari Olimpiade Paris 2024.

Ceco adalah milik Cesco, sebuah perusahaan pengendalian hama. Dan sejauh ini, Ceco adalah anjing pertama dan satu-satunya yang bisa mendeteksi bau feromon, bahan kimia yang dilepaskan oleh kutu busuk.

’’Ceco mampu menyapu ruangan hotel standar dalam waktu kurang dari dua menit,’’ kata Kim Min-su, pejabat di Cesco.

Perusahaan pengendalian hama tersebut bekerja sama dengan kementerian keamanan dan transportasi Korea Selatan. Juga Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Mereka bekerja sama dengan maskapai dan bandara untuk menyaring para pelancong yang tiba.

BACA JUGA:Nurul Akmal Berpotensi Raih Medali, Catat Jadwal Indonesia di Hari Terakhir Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Sempat Dikira Transgender, Petinju Kontroversial asal Aljazair Imane Khelif Sabet Emas di Olimpiade Paris 2024

Kasus kutu busuk di Olimpiade Prancis 2024 memang sempat jadi perbincangan global. Warga panik karena serangan kutu di kota yang sedang bersiap-siap jadi tuan rumah itu. Mereka khawatir serangga kecil tanpa sayap tersebut bisa merusak Olimpiade.

"Karena komunitas global berkumpul di Paris dalam rangka Olimpiade Musim Panas 2024, ada kemungkinan kutu kasur akan masuk ke negara ini setelah acara tersebut," kata siaran pers pemerintah.

"Oleh karena itu, kami mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah masuknya kutu kasur melalui bandara internasional Incheon, yang merupakan pintu gerbang utama ke negara ini," bunyi pernyataan tersebut.


GEDUNG ATLET TIONGKOK di kampung atlet Olimpiade 2024. Penyelenggara berusaha terus menjaga kebersihan tempat tersebut.- GEOFFROY VAN DER HASSELT-AFP-

Ceco dan timnya mulai dikerahkan pada Jumat, 9 Agustus 2024. Mereka akan terus bekerja hingga 8 September. Sampai seluruh atlet dan ofisial sudah pulang dari Paris. Untuk diketahui, Korsel mengirimkan 144 atlet ke Olimpiade yang berlangsung hingga 11 Agustus 2024 tersebut.

Penerbangan yang tiba langsung dari Paris disemprot disinfektan seminggu sekali. Padahal, biasanya sebulan sekali. Layanan karantina bandara juga disiagakan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: