Antre Diajak Foto, Diakon Asal India yang Bertugas di Maumere Ini Terkesan Semangat Umat Katolik Indonesia

Antre Diajak Foto, Diakon Asal India yang Bertugas di Maumere Ini Terkesan Semangat Umat Katolik Indonesia

Diakon Vicnesh Thanislaus, seorang diakon muda asal India yang kini bertugas di Keuskupan Maumere, Flores, diajak foto oleh umat yang memadati GBK. -Agustinus Fransisco-HARIAN DISWAY

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ribuan umat mulai memadati Gelora Bung Karno (GBK). Mereka bersiap menyambut momen bersejarah yakni merayakan Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, pada Kamis, 5 September 2024.

Di tengah ribuan umat yang hadir, ada sosok istimewa yang ikut merasakan kegembiraan dan antusiasme tersebut, yaitu Diakon Vicnesh Thanislaus. Dia adalah seorang Diakon muda asal India yang kini bertugas di Keuskupan Maumere, Flores.

Saat memasuki kompleks GBK, dia diserbu umat untuk dimintai foto. Alasannya, karena wajah dan gayanya yang mirip dengan Yesus. Umat yang menghampirinya berkata: "Ayo, foto sama Yesus". Mereka tertawa selama mengantre untuk berfoto bersama.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Kunjungi Gedung KWI, Berdialog Dengan Penyandang Disabilitas

Diakon Vicnesh yang datang dari India merasa terkesan dengan semangat umat Katolik di Indonesia. Terutama di Maumere, tempat ia bertugas. Menghadiri Misa Akbar bersama Paus Fransiskus adalah pengalaman baru yang luar biasa baginya.

“Saya sangat senang dengan antusias umat di sini. Mereka siap menyambut Paus. Mereka semua berkumpul di sini untuk berdoa bersama Paus. Jadi, saya sangat senang sekali,” ungkap Vicnesh penuh kegembiraan.

Bagi Vicnesh, bisa menghadiri misa bersama Paus Fransiskus adalah sebuah kehormatan besar. Sebagai diakon yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi seorang imam, kesempatan ini memberikan makna mendalam dalam hidupnya.

BACA JUGA: Jelang Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus, Antusiasme Umat Katolik yang Datang ke GBK Makin Terasa

Ia tidak hanya merasakan kebahagiaan pribadi, tetapi juga mengamati betapa kuatnya iman umat Katolik di Indonesia. Momen ini menurutnya adalah bukti bahwa iman Katolik terus hidup dan berkembang di tengah masyarakat Indonesia.
Diakon Vicnesh yang datang dari India merasa terkesan dengan semangat umat Katolik di Indonesia. -Agustinus Fransisco-HARIAN DISWAY

Vicnesh mengungkapkan bahwa umat Katolik di Indonesia, terutama di Maumere, sangat ramah dan penuh semangat dalam menjalankan ibadah mereka. Apalagi ketika mendapatkan kesempatan bergabung dalam misa akbar.

Apalagi melihat skala acara di GBK yang akan dihadiri oleh lebih dari 80 ribu umat dari seluruh Indonesia, membuatnya semakin kagum dengan semangat kebersamaan yang ditunjukkan oleh para umat.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Kunjungi Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar Ceritakan Tentang Terowongan Silaturahmi

“Saya sangat terkesan dengan keramahtamahan umat di sini. Mereka selalu menyambut saya dengan senyuman dan rasa hormat. Itu yang tak akan terlupakan. Sungguh sebuah pengalaman yang menyentuh. Ini sangat berharga,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Vicnesh juga merasakan kehangatan yang luar biasa dari umat Indonesia yang begitu terbuka dan menerima. Kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia, menurut Vicnesh, membawa harapan baru bagi umat Katolik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: