Tantangan Nyata Brand Kecantikan Indonesia di Balik Euforia Skincare dan Make-up

ILUSTRASI Tantangan Nyata Brand Kecantikan Indonesia di Balik Euforia Skincare dan Make-up.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-
Dalam menghadapi berbagai tantangan, brand kecantikan lokal perlu memikirkan ulang tentang strategi mereka. Jangan hanya fokus menjual produk, tetapi bangun identitas dan ikatan kuat dengan konsumen untuk membentuk persepsi positif.
Hal itu disebut dengan branding yang bertujuan keberlanjutan, tidak hanya mengejar viralitas dan keuntungan singkat.
Branding yang kuat dibangun melalui produk inovatif dan berkualitas, dibarengi dengan strategi pemasaran yang mengedepankan etika, keaslian identitas, dan pengalaman konsumen. Hal tersebut dapat menciptakan brand image positif, untuk mendukung brand kecantikan lokal agar lebih berkembang dan sustain, hingga ke pasar global.
Pada dasarnya, konsumen Indonesia memiliki rasa bangga menggunakan produk lokal sehingga para pelaku industri harus dapat memanfaatkan itu dengan baik guna menjaga kepercayaan dan loyalitas konsumen secara jangka panjang.
Dalam menjalankannya, peran pemerintah melalui regulasi yang tegas dan berpihak kepada brand lokal adalah fondasi utama. Selain itu, para sektor pendukung seperti beauty influencer harus menjadi garda terdepan sebagai edukator yang berpihak kepada konsumen, bukan hanya sebagai promotor.
Terakhir, konsumen harus lebih berdaya dan kritis dalam membeli, jangan asal FOMO (fear of missing out). Di era digital saat ini, suara konsumen dapat menjadi kontrol sosial yang efektif sebagai pengawasan terhadap pemerintah dan pelaku industri. (*)
*) Rani Sukma Ayu Suteja adalah dosen Departemen Komunikasi, FISIP, Universitas Airlangga, Surabaya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: