Tiga Zona Menu Buka Puasa di eL Hotel Yogyakarta Malioboro Tawarkan Tiga Pengalaman Rasa

Jumat 14-04-2023,22:10 WIB
Reporter : Yulita Intania Putri Herawati
Editor : Heti Palestina Yunani

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY – Kebiasaan untuk berbuka dengan yang manis rupanya menjadi acuan eL Hotel Yogyakarta Malioboro dalam menyiapkan menu berbuka puasa dalam Ramadan 1444 H. Dalam edisi paket buka puasa yang dikemas dalam tema Zona Kuliner Ramadan, ada banyak jenis makanan manis yang disediakan di Restoran Prambanan.

Ya, yang selalu ada saat Ramadan terutama yang manis-manis itu ada di Zona Manis. Dikelompokkan dalam sudut khusus, di sana a da aneka takjil manis sebagai awal membatalkan puasa. Semuanya khas Ramadan seperti kehadiran kolak. Ada juga bubur manis, martabak manis, serabi kocor,   crepes , roti jala, roti mariam, roti bakar,   churros , jagung mozarella,   croffle , es cokelat, teh tarik, dan   assorted pastry .
Pengunjung menanti waktu buka puasa di Restoran Prambanan eL Hotel Yogyakarta Malioboro yang dapat menampung sekitar 300 orang. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Makanan dalam Zona Manis itu hanya sebagian saja lo. Menyediakan buffet buka puasa all you can eat, Zona Kuliner Ramadan menghadirkan deretan menu makanan yang dikelompokkan menjadi tiga jenis selera. Jadi selain Zona Manis, ada Zona Pedas dan Zona Gurih. "Ketiga zona makanan tersebut kami atur untuk memberikan pengalaman berbuka puasa dengan rasa yang berbeda. Seru,"  kata Pinky Monica, Assistant Marcom Manager, saat ditemui pada 13 April 2023.
Menu cuanki yang cocok sebagai santapan hangat ini ada di Zona Gurih. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Perbedaan peletakan zona itu membuat pengunjung bisa menentukan mana yang ingin disantap dahulu saat berbuka puasa. Mengingat ada pola makan yang berbeda untuk setiap orang. "Meskipun disarankan untuk berbuka dengan yang manis dulu, ada kan yang langsung ingin makan besar dengan yang gurih-gurih atau malah dengan yang pedas-pedas," terang Pinky. 
Cilok yang biasa ada di street food disediakan untuk menambah pengalaman rasa yang seru dalam buka puasa. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro -

Bagi yang doyan pedas, pilih saja makanan yang disajikan di Zona Pedas. Misalnya ada  bakso uleg lombok ijo, oseng-oseng mercon, seblak, cuanki, gudeg mercon, aneka penyetan, bakso bakar pedas, ceker mercon, lotis, dan rujak buah. 


Di atas meja ini, pada berbagai menu makanan dari tiga zona yang mengundang selera dan siap santap. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Dari Zona Gurih ada nasi kebuli, steamboat, batagor, chicken Mongolian, BBQ, cireng, bakso kerikil, mi goreng Jawa, mi goreng mamak, dan mi lethek yang sangat khas Yogyakarta. "Asyiknya lagi, selama menyantapnya, kami sertakan live music untuk menemani santap buka makin gayeng. Terutama jika bareng-bareng dengan keluarga atau rekan satu kantor," katanya. 

Aneka sambal yang bisa memacu selera ini tersedia di Zona Pedas. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Jika diamati, ketiga zona yang ditawarkan itu sebenarnya terdiri dari beberapa menu ala street food. Makanannya sangat mudah ditemui di pinggir jalan yang biasa dicari para penikmat takjil saat Ramadan. Sebut saja kehadiran stan cilok yang disukai segala usia atau Masala tea yang berasal dari India. "Kekhasan itulah yang kami bawa ke sini agar bisa merasakan pengalaman yang sama saat berburu makanan buka di jalanan tapi dengan penyajian yang lebih nyaman di tempat kami," ungkap Pinky.
Harumnya nasi kebuli dengan irisan daging kambing yang empuk dan aroma yang orisinal khas Timur Tengah. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Meskipun puasa telah memasuki minggu keeempat, Zona Kuliner Ramadan itu masih bisa dinikmati hingga 20 April 2023, sejak digeber pada 23 Maret lalu. Dibanderol dengan harga Rp 120 ribu per orang. "Sebenarnya kami memberikan tawaran khusus dengan harga Rp 85 ribu per orang jika melakukan pemesanan di awal atau sebelum Ramadan. Sangat terjangkau bukan. Itu pun masih ada diskon sebesar 50 persen untuk pengunjung yang membawa anak kecil dari usia 6 sampai 12 tahun," terang Pinky.


Pengunjung yang sedang mengambil makanan saat berbuka puasa di eL Hotel Yogyakarta Malioboro. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Namun, eL Hotel Yogyakarta Malioboro tetap punya promo menarik selama sampai akhir puasa ini. Yakni Buy 9 Get 1 Free yang masih bisa dimanfaatkan hingga paket berakhir pada 20 April nanti. "Mumpung masih ada beberapa hari lagi puasa di minggu terakhir.  Kami siapkan beraneka ragam menu pilihan di Zona Pedas, Gurih dan Manis. Semua kami sajikan secara lengkap sehingga tamu bisa merasa puas dengan berbagai pengalaman rasa,’’ tambah  Ardyan Afif Pramudyto, Chef eL Hotel Yogyakarta Malioboro . 
Buah-buahan yang ada di eL Hotel Yogyakarta Malioboro. -eL Hotel Yogyakarta Malioboro-

Ditambahkan oleh Sefita Sukmana,  Food and Beverage Manager, selama Ramadan, venue yang disiapkan untuk Zona Kuliner Ramadan itu menampung hingga 250 orang setiap hari. Jika berlebih, masih ada venue lain yang dapat menampung sampai dengan 300 orang. "Sehingga jika ada permintaan buka puasa dalam jumlah besar kami tetap dapat mengakomodir,”  paparnya. 

Bagaimana, tertarik berbuka puasa di eL Hotel Yogyakarta Malioboro? Jika Anda sedang bepergian atau mudik ke Yogyakarta, tiga zona makanan di Restoran Prambanan ini bisa jadi alternatif untuk dinikmati . (*)

Kategori :