Iran Serang Israel, Perang Dunia Ketiga di Depan Mata?

Jumat 04-10-2024,09:28 WIB
Reporter : Tofan Mahdi*
Editor : Yusuf Ridho

PERANG DUNIA I dipicu peristiwa penembakan Pangeran Austria Franz Ferdinand di Kota Sarajevo, Bosnia. Perang Dunia II terjadi karena aneksasi Nazi Jerman ke sejumlah negara di Eropa seperti Austria, Polandia, dan Belanda. 

Akankah serangan ratusan rudal balistik Iran ke jantung Kota Tel Aviv pada Selasa, 2 Oktober 2024, akan memicu Perang Dunia Ketiga?

SERANGAN PERINGATAN

Situasi geopolitik di Timur Tengah makin panas. ”Balas dendam” Israel atas serangan pejuang Hamas di wilayah Israel pada 7 Oktober 2023 kian lebar menjadi konflik regional. 

BACA JUGA: Peran Nuklir dalam Konflik Iran-Israel: Ancaman yang Semakin Nyata?

BACA JUGA: Perang Iran vs Israel dan Instabilitas Pasar Komoditas Dunia

Selain Gaza yang menjadi sasaran serangan militer Israel, konflik meluas hingga ke Lebanon, Yaman, dan Iran. Akibat agresi militer Israel itu, sekitar 41 ribu warga Palestina –sebagian besar warga sipil dan anak-anak– gugur. 

Dua tokoh penting dalam perjuangan melawan Israel gugur. Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh gugur di Teheran, ibu kota Iran. Pemimpin Hizbullah Hasan Nasrallah gugur dalam dua serangan di Kota Beirut, Lebanon. 

Tak hanya itu. Iran juga ”kehilangan” sejumlah pejabat tinggi pemerintahan dan militer mereka. Di antaranya, Presiden Iran Ebrahim Raisi yang wafat dalam kecelakaan helikopter pada 19 Mei 2024. Seorang jenderal Iran dikabarkan juga wafat dalam serangan Israel di Lebanon. 

BACA JUGA: Pro-Israel

BACA JUGA: Bupati Panci Israel

Meski wafatnya Ebrahim Raisi tidak terkonfirmasi karena operasi Israel, Hizbullah adalah proksi Iran dalam perjuangan melawan Israel. 

Ketika belum ada negara Arab yang terang-terangan melawan dan mengambil sikap tegas kepada Israel, Iran mengambil langkah berani. Dua kali Iran menyerang langsung Israel. Dan, serangan ratusan rudal balistik ke Tel Aviv awal pekan ini adalah serangan yang terbesar.

Yang ditunggu adalah bagaimana langkah Iran selanjutnya. Namun, Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi menegaskan, serangan ratusan rudal balistik ke Tel Aviv sudah selesai. Tidak akan ada serangan lanjutan. 

BACA JUGA: Keberimbangan Berita di Tengah Bengisnya Tentara Zionis Israel

Kategori :