Cheng Yu Pilihan Anggota DPD Chrsitiandy Sanjaya: Lu Yao Zhi Ma Li

Cheng Yu Pilihan Anggota DPD Chrsitiandy Sanjaya: Lu Yao Zhi Ma Li

Cheng yu Christiandy Sanjaya--

CHRISTIANDY Sanjaya alias Bong Hon San (黄汉山) mengaku tidak begitu tahu bahasa Mandarin. Namun, ketika ditanya adakah pepatah Tiongkok yang menjadi favoritnya, tak butuh waktu lama bagi mantan wakil gubernur Kalimantan Barat ini untuk menjawab, "Kekuatan seekor kuda bisa diketahui dari jarak yang ditempuh."

 

Ungkapan yang teks aslinya berbunyi "路遥知马力" (lù yáo zhī mǎ lì) tersebut, terdapat dalam naskah drama era dinasti Yuan yang berjudul 三虎下山 (Sān Hǔ Xià Shān): Tiga Harimau Turun Gunung. 

 

Sebenarnya, masih ada lanjutan dan merupakan inti dari adagium yang dikutip Christiandy itu. Yakni, "日久见人心" (rì jiǔ jiàn rén xīn). Yang artinya: Isi hati orang akan diketahui seiring lamanya hari. Atau, bisa juga ditafsirkan: baik-buruknya tabiat seseorang akan ketahuan setelah berjalannya waktu.

 

BACA JUGA:Cheng Yu Ketua Umum INTI Teddy Sugianto: Hou De Zai Wu

 

Memang, falsafah Konfusius meyakini sifat dasar manusia adalah baik (人性本善 rén xìng běn shàn). Tak peduli apapun latar belakangnya, semuanya sama (性相近 xìng xiāng jìn). Persis seperti Islam yang memercayai, sebagaimana disabdakan Nabi, "Setiap manusia terlahir suci" (kullu mauluudin yuuladu 'alal fithroh). 

 

Tapi, kata Konfusius lagi, "习相远 xí xiāng yuǎn": pendidikan dan pergaulan sosial sesudah manusia lahir, yang lama-kelamaan mengubah sekaligus membentuk watak dan sikap mereka.

 

Dari situ, Christiandy selalu berhati-hati terhadap orang yang suka sesumbar. Sebab, menurutnya, "Orang bisa sesumbar kehebatannya, tetapi waktu dan tindakan yang akan membuktikan." 

 

Sebaliknya, ujar Christiandy yang kini anggota DPD RI, "Kita juga harus selalu introspeksi diri karena orang lain pun akan menilai perkataan dan janji kita apakah mampu ditepati." (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: