BPN Yakinkan Grha Wismilak Milik Polda

BPN Yakinkan Grha Wismilak Milik Polda

Kakanwil BPN Jatim Jonahar, bersama Kapolda Jatim Irjend Pol Toni Harmanto, di Grha Wismilak, Senin, 21 Agustus 2023.-Pace Morris-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Jawa Timur Jonahar meyakinkan Polda Jatim bahwa gedung Grha Wismilak akan kembali ke tangan Polda Jatim.

Hal tersebut dikemukakan Jonahar saat Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengumpulkan pejabat utama (PJU) dan kapolres se Jatim di Grha Wismilak, Senin, 21 Agustus 2023.

“Karena ada cacat administrasi pada SHGB nomor 648 dan 649,” ucap Jonahar dengan penuh keyakinan saat memberikan sambutan di gedung cagar budaya tersebut.

Ada tiga hal yang membuatnya sangat yakin. Yang pertama, menurutnya tidak lazim gedung yang sedang dipakai Polri kemudian ada yang melakukan permohonan Hak Guna Bangunan (HGB). Apalagi itu dari perseorangan.

BACA JUGA:Peringati Proklamasi Polri, Polda Jatim dan Roodebrug Soerabaia Gelar Aksi Teatrikal di Grha Wismilak

BACA JUGA:Tak Hanya Kelurahan dr Soetomo, Kanwil BPN Jatim Juga Tutupi Informasi Sejarah Kepemilikan Grha Wismilak

“Kemudian, antara bangunan yang dimohon dan yang tertera  di SK tidak sinkron,” katanya. 

Maksudnya, penerbitan SK tersebut tidak sesuai tempatnya.

Yang ketiga, Jonahar mengungkapkan, seluruh dokumen dan permohonan tidak ada registernya di kanwil. Yang artinya, permohonan tersebut tidak tercatat atau terregister. 

Sebelumnya, penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jatim telah memanggil dua kepala BPN, Jumat, 18 Agustus pekan lalu. 

Mereka adalah BPN Wilayah Surabaya I Kartono Agustiyanto dan Kakanwil BPN Jatim Jonahar sebagai saksi dalam kasus pemalsuan akta autentik Grha Wismilak.

BACA JUGA:Buntut Kasus Grha Wismilak, Polda Jatim Panggil Kakanwil BPN Jatim

BACA JUGA:Menempati Cagar Budaya, Pengelola Grha Wismilak Rela Keluar Ongkos Besar untuk Perawatan Gedung

Selain dua aparatur sipil negara (ASN) itu, Dirut Wismilak Ronald Walla juga dipanggil di hari yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: