Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Jadi Film Dokumenter Netflix, Netizen Usulkan Sambo Hingga Sumanto

Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Jadi Film Dokumenter Netflix, Netizen Usulkan Sambo Hingga Sumanto

Film dokumenter dari kasus pembunuhan kopi sianida oleh Jessica Wongso akan tayang di Netflix pada bulan September 2023-Netflix-instagram

JAKARTA, HARIAN DISWAYNetflix menampilkan daftar film yang akan tayang sepanjang September mendatang. Ada satu hal yang membetot perhatian fans dari tujuh judul film tersebut. Yakni, sebuah film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso.

Ya, film ini mengangkat kasus pembunuhan menghebohkan pada 2016. Jika Anda masih ingat, pembunuhan itu dilakukan Jessica Kumala Wongso terhadap sahabatnya sendiri, Wayan Mirna Salihin.

Jessica membunuh Mirna dengan memberinya kopi yang diberi racun sianida.

BACA JUGA: Film Dokumenter Kang Daniel: My Parade Rilis di Lebih Dari 30 Negara

BACA JUGA: Serial Dokumenter NCT 127: The Lost Boys Siap Tayang, Ungkap Masa Kecil Jaehyun dkk

Kasus pembunuhan itu terjadi pada Januari 2016. Ia menjadi viral karena peristiwanya seperti di film-film thriller. Sepasang sahabat dari keluarga terpandang yang tak rukun lagi. Kemudian salah satunya memutuskan membunuh yang lain. Karena motif yang bagi orang lain sepele.


Kasus kopi sianida Jessica Wongso jadi film dokumenter Netflix, netizen usulkan Sambo hingga Sumanto. -Rosa Panggabean-Antara -

Proses pengadilannya tak kalah berbelit. Persidangan berlangsung selama 10 bulan. Dengan mengadirkan belasan saksi, saksi ahli, dan masih banyak lagi. Seru. Penuh drama. Ditayangkan televisi pula. Makin menghebohkan saja.

Jessica Wongso—yang merupakan warga negara Australia—akhirnya terbukti bersalah membunuh Wayan Mirna Salihin. Dia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

BACA JUGA: Empat Sekte Sesat Mengerikan dalam In the Name of God: A Holy Betrayal

Pelanggan Netflix menanggapi rencana rilis film dokumenter itu dengan bersemangat. Bagi generasi millennial, ini memang kasus yang sulit dilupa. Karena tingkat dramatisnya itu tadi.

’’Gilee…, Si kopi sianida dibikin dokumenter,’’ tulis seorang fans di kolom komentar unggahan Netflix. ’’Akhirnya kasus kopi paling ambigu dirangkum Netflix. Layak dinanti,’’ timpal yang lain.

’’Wkwk… gue sih yakin Jessica pelakunya. Masa iya sianida muncul sendiri? Muke boleh planga plongo, tapi aslinya gw yakin tidak sepolos itu,’’ seorang fans lain menuangkan analisanya.


KASUS kopi sianida Jessica Wongso jadi film dokumenter Netflix, netizen usulkan Sambo hingga Sumanto.-Rosa Panggabean-Antara-

BACA JUGA: Our Father, Film Dokumenter Netflix tentang Dokter Fertilitas Bejat yang Mengguncang

BACA JUGA: Our Father, Kisah Pilu 96 Anak Dokter Fertilitas yang Tayang di Netflix

Sementara itu, ada saja netizen yang berkomentar agak di luar nalar. Misalnya, membandingkannya dengan kasus pembunuhan yang lebih mengerikan.

’’Kasus sianida dong... kisah Sumanto lebih menggegerkan padahal, Min,’’ tulis seorang fans. Kasus Sumanto menghebohkan pada 2003 karena unsur kanibalismenya. Pria paro baya itu mengaku mencuri dan memakan jenazah karena himpitan ekonomi.

Ada juga yang berkomentar, ’’Nunggu dokumenter kasus Sambo.’’

Dalam persidangan, Jessica Wongso terbukti melakukan tindak pembunuhan berencana terhadap sahabatnya, Wayan Mirna Salihin. Lokasinya di kafe Olivier, yang berada di mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat.


KASUS kopi sianida Jessica Wongso jadi film dokumenter Netflix, netizen usulkan Sambo hingga Sumanto.-dokumen pribadi-

BACA JUGA: Rahasia Tergelap Selena Gomez dalam Film Dokumenter Selena Gomez: My Mind and Me

Peristiwa itu terjadi pada 6 Januari 2016. Jessica janjian reuni dengan tiga orang yang merupakan kawan waktu sama-sama kuliah di Australia. Jessica datang paling awal. Yakni pukul 16.14 WIB.

Sembari menunggu teman-temannya, dia memesan es kopi vietnam dan dua cocktail. Mirna datang sejam kemudian. Bersama teman mereka yang lain lagi, bernama Hani. Mereka mendatangi Jessica yang sudah menunggu.

Mirna meminum es kopi vietnam yang telah dipesan Jessica. Namun, tak lama setelah meminumnya, Mirna kejang-kejang dan tak sadarkan diri. Mulut perempuan 27 tahun itu juga mengeluarkan busa.

BACA JUGA: Film Dokumenter Soekarno Masuk Nominasi FFI: Membawa Misi Pelurusan Sejarah (1)

Mirna sempat dilarikan ke klinik di kompleks Grand Indonesia. Dia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Abdi Waluyo. Namun, pengantin baru itu meninggal dunia dalam perjalanan.

Merasa ada kejanggalan dalam kematian putrinya, ayah Mirna Edi Dharmawan memperkarakan kejadian tersebut ke Polsek Metro Tanah Abang. Apalagi, saat autopsi, ditemukan 3,75 miligram sianida di lambung Mirna.

BACA JUGA: Segera Tayang di Netflix! Simak Empat Fakta Film Kembang Api 2023

Melalui 32 kali persidangan yang rumit dengan beragam bukti, Jessica Kumala Wongso divonis bersalah. Dia mengaku membunuh Mirna karena sang sahabat selalu mencercanya dalam urusan asmara. Apalagi, Mirna kemudian menikah tanpa mengundang Jessica.

Fans menanti dokumenter ini bukan saja karena ceritanya yang menghebohkan. Tapi juga berharap mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang tak terjawab selama proses persidangan.

Apakah kita akan mendapatkan fakta baru? Duh, Ice Cold: Murder and Jessica Wongso benar-benar layak ditunggu! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: netflix