Bye Wajah Belang! Begini 5 Cara Tentukan Foundation yang Tepat untuk Wajah Kamu

Bye Wajah Belang! Begini 5 Cara Tentukan Foundation yang Tepat untuk Wajah Kamu

BYE wajah belang! Begini 5 cara tentukan foundation yang tepat untuk wajah kamu.-Cottonbro Studio-pexels

HARIAN DISWAY – Menentukan warna foundation untuk wajah itu susah-susah gampang. Foundation diperlukan untuk meratakan warna kulit wajah. Jika salah shade, complexion malah berpotensi membuat kulit terlihat belang. Antara wajah dengan leher tidak sama.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk sesuaikan foundation dengan warna kulit? Agar tidak salah lagi, simak beberapa tips di bawah ini:

BACA JUGA: Super Simpel! Ini Cara Mengikuti Tren Make-up 242 yang Jadi Ramai di TikTok

1. Kenali Warna Kulit Sendiri


BYE wajah belang! Begini 5 cara tentukan foundation yang tepat untuk wajah kamu.-NPR-

Sebelum berbagai cara kalian lalui, pastikan kenali undertone terlebih dahulu. Undertone ialah warna rona yang letaknya di bagian bawah permukaan kulit. Atau dalam kata lain, warna dasar kulit.

Warna lapisan dasar kulit ini bisa dilihat melalui warna urat nadi di pergelangan tangan. Untuk memastikan warnanya, pastikan mengecek urat nadi di bawah terang sinar matahari.

BACA JUGA: Jangan Asal Ikut Tren Glowing, Ini Rekomendasi Foundation Flawless buat si Kulit Berminyak

Jika urat nadi cenderung berwarna biru, berarti kulit kamu memiliki cool undertone. Jika nadi cenderung berwarna kehijauan, berarti warm undertone.

Nah, jika urat nadi cenderung berwarna biru kehijauan dan ungu, berarti kamu memiliki neutral undertone. Shade apa saja cenderung masuk di jenis kulit ini.

2. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Setelah mengenali warna dasar kulit, foundation harus disesuaikan dengan tipe atau jenis kulit. Ketahui apakah kulit mengalami masalah berminyak (oily), kering (dry), atau normal.

BACA JUGA: Pilih Makeup Base Sesuai Kebutuhan, Ini Beda Antara BB Cream, CC Cream, dan DD Cream

Sebagai contoh, bagi yang memiliki kulit berminyak. Pilihlah produk dengan formula matte. Hindari embel-embel formula yang menghasilkan dewy skin. Formula seperti itu lebih baik dipasangkan dengan pengguna berkulit kering. Karena bisa melembabkan wajah.

Catatan juga bagi yang memiliki kulit sensitif atau rawan alergi. Foundation dengan kandungan nonkomedogenik atau hypoallergenic menjadi jawaban atas masalah kalian.

3. Sesuaikan Bentuk Foundation dengan Kebutuhan Penggunaan


BYE wajah belang! Begini 5 cara tentukan foundation yang tepat untuk wajah kamu.-Chalo Garcia-pexels

Beragam jenis foundation kini menjamur di pasaran. Mulai dari jenis liquid (cair), krim, stick (padat), maupun tinted.

Bagi yang sedang mencari foundation dengan hasil full coverage, yang cocok adalah foundation cair, krim, dan stick.

Ini juga cocok bagi mereka yang sedang mencari foundation yang tahan seharian. Karena formulanya lebih intens. Misalnya, untuk menghadiri acara tertentu atau berada di lapangan. Berbeda dengan tinted foundation yang formulasinya lebih ringan.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Sunscreen Setelah Pakai Makeup

4. Pilih Shade Lebih Terang 1 Tingkat

Tips ini jangan dianggap remeh. Salah memilih shade bisa berakibat wajah terlihat abu-abu. Tetapi wajah juga bisa terlihat kusam jika shade yang dipilih terlalu gelap. Sebab, foundation nantinya akan teroksidasi dengan kulit.

Maka, pastikan kamu memilih foundation yang sedikit lebih terang daripada warna asli wajah. Selanjutnya, timpa dengan bedak tabur atau padat. Ini akan membantu foundation menyatu dan menyesuaikan dengan warna kulit kita.

BACA JUGA: Make-up Munculkan Aura Wajah di Tengah Aksesori Mahkota, Begini Caranya!

5. Berdandan di Tempat yang Terang


BYE wajah belang! Begini 5 cara tentukan foundation yang tepat untuk wajah kamu.-Chalo Garcia-pexels

Jika tips-tips sebelumnya sudah dilalui, langkah terakhir adalah mengaplikasikan foundation di tempat terang. Pastikan cahaya memadai. Boleh ditambah seperti ring light jika perlu.

Hindari pula mengaplikasikan make-up dengan membelakangi cahaya. Hal ini akan membantu warna foundation yang digunakan jadi terlihat lebih jelas.

Begitulah tips-tips memilih dan memakai foundation yang bisa kalian ikuti. Jangan sampai salah pilih lagi, ya. Good luck! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber