Peringati Hari Radio Nasional, Khofifah Nyatakan Radio Harus Bertansformasi ke Ranah Digital

Peringati Hari Radio Nasional, Khofifah Nyatakan Radio Harus Bertansformasi ke Ranah Digital

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan sambutan setelah menerima penghargaan dari Yayasa Al Hidayah Internasional di Inggris-Humas Pemprov Jatim-

BATAM, HARIAN DISWAY - Hari ini, 11 September adalah peringatan hari radio nasional. Di momen ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua insan radio untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi terkini. Sesuai dengan kebutuhan para pendengarnya.

Menurut Khofifah, jangkauan radio harus diperluas. Harus bisa didengar di mana saja dan kapan saja. Kecepatannya pun harus di mutakhirkan. Untuk itu, diperlukan transformasi ke digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi saat ini.

“Maka optimalisasi ruang-ruang digital perlu dilakukan. Jadi keberadaan radio bukan hanya bisa didengarkan saja, tapi bisa disaksikan oleh konsumennya,” katany Khofifah di sela-sela lawatan misi dagang Jawa Timur ke Banten, Senin 11 September 2023.

BACA JUGA: PDI Perjuangan Sebut Khofifah Pimpinan Sempurna

Sebagai bagian dari pers, lanjut Perempuan asal Wonocolo, Surabaya tersebut, media penyiaran radio tetap menjaga kredibilitas. Kevalidan informasi menjadi sangat penting di tengah terpaan arus informasi yang masif di media sosial.

“Jadi informasi yang tersebar kepada pendengar haruslah terpercaya dan tidak tumpang tindih. Karena pendengar tidak hanya butuh hiburan saja. Informasi valid juga menjadi penting bagi mereka,” tegasnya.

Dalam momen Hari Radio Nasional kali ini, Khofifah berharap radio mampu menjadi media perdamaian. Hal tersebut juga selaras dengan tema Peringatan Hari Radio Sedunia pada Februari lalu yaitu Radio dan Perdamaian.

BACA JUGA:Kebakaran di Bukit Teletubies Bromo Dinyatakan Sudah Padam, Kata Kalaksa BPBD Jatim

“Narasi yang tersebar perihal perang serta politik dari media memang bisa memberikan wawasan. Tapi terkadang informasi tersebut justru memperkeruh keadaan. Oleh karenanya penting jika media memberikan informasi valid dan terpercaya. Sehingga narasi yang memicu konflik bisa teredam,” paparnya lagi.

“Selamat hari radio nasional. Radio adalah suara kebebasan . Tetapi radio punya tugas menjadi media mempersatukan bangsa. Mari kita jaga kebebasan seiring membangun persatuan bangsa  ini bersama-sama,” ucap Khofifah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: